Ustaz Najmu Idzharul: Ilmu Falak Referensi Peribadatan Muslim

Jakarta, MINA – Amir Pusat Observasi Falak (POF) Ustaz Najmu Idzharul mengatakan, bahwa sangatlah penting untuk diketahui oleh masyarakat Muslim karena menjadi referensi dalam menentukan penanggalan hijriyah sebagai acuan ibadah.

Kenapa ilmu falak begitu penting untuk dipelajari? Karena diperlukan dalam menentukan awal dan akhir bulan Qamariah dalam kalender Hijriah,” kata Ustaz Najmu Launching Buku Mimbar Al Jamaah karya Imaam Yakhsyallah Mansur di Masjid Hizbullah, Jakarta, Rabu (19/7).

Ustaz Najmu menyampaikan, Ilmu Falak membantu untuk melakukan rukyatul hilal mengetahui posisi bulan,
dengan dilakukan perhitungan dan perencanaan yang tepat dan akurat.

“Salah satu tujuan mempelajari ilmu Falak adalah, untuk mengetahui peredaran benda-benda langit, khususnya matahari dan bulan di alam semesta serta bagaimana proses penciptaan langit dan bumi,” imbuhnya.

Ustaz Najmu juga menyampaikan, ilmu Falak juga untuk menentukan waktu-waktu shalat. Sumber ilmu Falak dari Al-Quran, Hadis Rasullullah dan fiqih-fiqih salaf maupun kontemporer.

Imaam Yakhsyallah Mansur meluncurkan Buku Mimbar Al Jamaah bertepatan pada tahun baru 1 Muharam 1445 Hijriyah. Buku tersebut merupakan karya beliau yang ke-18, diterbitkan oleh MINA.

Gebyar 1 Muharram di Masjid Hizbullah Jakarta Utara, dihadiri kaum Muslimin dari berbagai wilayah Jabodetabek.(L/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.