Vaksin Booster Mulai 12 Januari Gratis

Jakarta, MINA – Pemerintah RI akan memberikan vaksinasi ketiga atau booster secara gratis pada dua kelompok prioritas yakni lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan mulai 12 Januari 2022.

Pemberian vaksin ketiga ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, karena wabah global COVID-19 masih mengancam setiap masyarakat di berbagai pelosok tanah air. Laman resmi Kominfo, infopublik melaporkan.

“Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus COVID-19 yang terus bermutasi,” kata Presiden Joko Widodo melalui konferensi pers secara virtual pada Selasa (11/1).

Menurut Presiden, alasan memberikan vaksin ketiga ini untuk keselamatan masyarakat di masa mendatang, sehingga terhindar dari ancaman dari bermutasinya virus COVID-19 yang masih ada di dalam negeri.

“Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” kata Presiden.

Terkait pemberian gratis vaksinasi ketiga ini, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu yakni calon penerima sudah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya.

Syarat tersebut mutlak bagi calon penerima vaksin ketiga. “Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini,” tutur Presiden.

Setelah menerima vaksin ini, Presiden mengimbau, masyarakat selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) diantaranya adalah memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Dengan menerapkan tersebut, merupakan kunci dari mengatasi pabdemi. “Kunci dalam mengatasi pandemi COVID-19,” pungkas Kepala Negara.  (R/P2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.