Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021

Jakarta, MINA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober mendatang.

Untuk menyambutnya, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia ( Pusat), Marciano Norman, mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam ajang lari virtual bertajuk “Kirab Api ”.

Prosesi kirab obor merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi dalam penyelenggaraan berbagai multievent, termasuk PON. Namun untuk tahun ini, prosesi tersebut dilakukan secara berbeda mengingat kondisi pandemi COVID-19.

“Kirab api PON Papua tidak bisa dilakukan secara sepenuhnya, sehingga sebagian dilakukan secara virtual,” kata Marciano Norman dalam konferensi pers ajang lari virtual Kirab Api PON XX Papua 2021.

Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memeriahkan gelaran PON Papua dengan cara berpartisipasi dan membagikan momen-momen kehangatan mereka melalui ajang lari virtual tersebut.

Pendaftaran event Kirab Api PON XX Papua 2021 secara resmi telah dibuka pada Rabu (1/9).

Keputusan KONI Pusat kali ini tentu sangat menggembirakan karena masyarakat umum mendapatkan kesempatan meramaikan kirab obor PON XX Papua 2021 meskipun secara virtual.

“Karena situasi pandemi virus corona, prosesi Kirab Api PON XX Papua 2021 tidak bisa dilakukan sepenuhnya,” kata Ketum KONI Pusat, Marciano Norman.

“Melalui Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021, seluruh lapisan masyarakat bisa ikut memeriahkan PON XX Papua 2021 secara virtual,” tambahnya.

Sama seperti event lari virtual pada umumnya, Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 juga menjanjikan medali dan juga sertifikat untuk setiap peserta yang berhasil menyelesaikan jarak lari.

Medali Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 dibuat identik alias sama persis dengan yang akan dibagikan untuk atlet terbaik atau pemenang di PON XX Papua 2021 nanti.

Tidak hanya itu, peserta Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 juga akan mendapatkan jersey yang juga identik seperti milik atlet.

Hal itu dipastikan oleh Gunawan Samiadjie selaku perwakilan penyelenggara Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021.

“Selain medali dari 37 cabor yang dipertandingkan di PON Papua, akan ada juga medali ke-38 untuk ajang lari virtual kali ini,” kata Gunawan.

“Desain medali virtual run sama seperti milik atlet PON Papua nanti. Satu hal yang membedakan hanya tulisan ‘virtual run’ di belakang medali,” ucapnya.

“Mungkin kita tidak bisa menjadi atlet untuk mengikuti PON. Namun, kita bisa mendapatkan medali atlet dengan mengikuti event lari virtual ini. Itulah yang menarik dan membedakan,” ujar Gunawan menambahkan. (R/R11/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.