Wagub Sandi Buka Temu Bisnis Wisata Halal 2018

Jakarta, MINA – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno membuka Temu Bisnis Wisata Halal Ketiga 2018 (Indonesia Business Forum Halal Tourism 2018) yang digelar di Jakarta, Sabtu (2/5).

Dia optimis konsep wisata halal mampu menumbuhkan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, partisipasi publik, serta kearifan lokal.

“Saya berbahagia syukur kehadirat Allah SWT kita dapat berkumpul di sini, menjadi ajang perkumpulan para pegiat pelaku usaha yang menentukan arah untuk memajukan Jakarta sebagai destinasi utama wisata halal di Asia Tenggara,” kata Wagub Sandi saat membuka Temu Bisnis Wisata Halal Ketiga.

Dia mengatakan sangat tepat sinergi pemerintah pusat Kementerian Pariwisata dan Pemprov DKI untuk mewujudkan Jakarta menjadi pemain utama yang mengunggulkan industri dan wisata halal.

“Kami ingin Jakarta menjadi The best halal destination in the world before 2022. Kita targetkan satu juta wisatawan halal bisa datang ke Jakarta dalam lima tahun mendatang,” tegas Wagub Sandi.

Acara kopi darat yang digelar Halal Travel Konsorsium (HTK) dan Asosiasi Travel Wisata Halal Indonesia (ATHIN) ini dihadiri lebih dari 500 pelaku bisnis wisata halal dari seluruh nusantara dan beberapa perwakilan negara sahabat seperti Maroko, Uzbekistan, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, Turki, dan Cina.

Selain Wagub Sandi, acara ini dihadiri juga Asdep Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kemenpar Oneng Setya Harini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Reza Artha, Ketua ATHIN Bambang Halilintar, Founder HTK Cheriatna, Ketua HTK Ananto Pratikno.

Ketua HTK Ananto Pratikno menjelaskan, acara ini bertujuan antara lain untuk mempererat jalinan silaturahmi anggota, termasuk mengenal lebih jauh produk pengetahuan wisata halal yang bisa dipasarkan.

“Dengan terjalinnya kerja sama yang saling menguntungkan dan terjadinya peningkatan sales, transaksi perusahaan peserta. Kerja sama ini diharapkan bisa terus berlanjut dalam jangka panjang,” katanya.

Event tahunan ini juga bersamaan dengan kegiatan rapat nasional ATHIN yang dihadiri seluruh komponen DPP dan DPW ATHIN Se-Indonesia.

ATHIN yang dibentuk pada 2 Desember 2016 adalah perkumpulan travel halal pertama di Indonesia.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0