Wapres Akan Resmikan Masjid Raya Baiturrahman Aceh

, Banda Aceh yang sekarang. (Foto: M. Anshar/Serambi News)

Aceh, 14 Sya’ban 1438/12 Mei 2017 (MINA) – Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin mengatakan, Wakil Presiden () dijadwalkan akan menghadiri peresmian pengembangan infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada Sabtu (13/5) mendatang.

Wapres Jusuf Kalla yang juga ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), akan meresmikan wajah baru Masjid Raya Baiturrahman yang kini telah dilengkapi dengan 12 payung elektrik seperti masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

“Wapres dijadwalkan tiba pada pukul 09.00 WIB (Sabtu), setelah kegiatan peresmian, kemudian akan meninggalkan Aceh pada pukul 13.00 Wib,” kata Mulyadi dalam laman InfoPublic yang dikutip MINA.

Mulyadi menambahkan, setelah diresmikan penggunaannya, masjid raya yang dulunya mampu menampung 9.000 jamaah di dalam masjid kini mampu menampung 24.000 jamaah, baik di dalam maupun luar masjid.

Selain itu, saat ini tempat wudhu masjid raya yang berjumlah 288 titik berada di basement. “Sekarang koridor basementnya juga tampak sangat mewah dengan dinding dan lantai marmer serta motif pintu Aceh, belum lagi adanya eskalator sebanyak 4 unit,” jelasnya.

Menurut Mulyadi, parkir yang terletak di basement juga mampu menampung 254 unit mobil dan 347 unit motor. “Saat ini proses penyediaan ruang terbuka hijau juga telah dilakukan dengan penanaman 32 batang pohon kurma serta menanam kembali satu batang pohon kohler yang dipotong saat proses  renovasi pada tempat semula,” ujarnya.

Adapun pengembangan infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman dilaksanakan oleh PT. Waskita Karya, pengembangan itu dimulai sejak Juni 2015 lalu dengan anggaran mencapai Rp458 miliar. (T/R09/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.