Wapres JK Buka Puncak Hakteknas 2019

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla () secara resmi membuka puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional () ke-24 tahun 2019 di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar Bali, Rabu (28/8).

“Pertama-tama marilah kita semua menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa dan saya juga akan menyampaikan penghargaan dan mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan pada hari ini yang tentunya bermakna, karena telah bekerja dengan baik dalam memparkan ilmu pengetahuan untuk , semua inovasi berarti baik untuk masa depan,” kata JK saat membuka Puncak Hakteknas ke-24 dihadapan ribuan peserta.

“Kita semua menyadari bahwa kita hadir di sini slalu dengan tujuan yang sama yaitu mencapai kemajuan, untuk mencapai tujuan kebangsaan kita yaitu mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Itulah yang mempersatukan kita semua,” tambahnya.

Peringatan Hakteknas pada 10 Agustus, namun puncaknya pada 25-28 Agustus. Hakteknas merupakan kegiatan tahunan yang diselengarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun ini mengambil tema “ dan Inovasi dalam Industri Kreatif 4.0” dengan tagline “Inovasi, Bangun Bangsa.”

Hakteknas merupakan salah satu tonggak sejarah kebangkitan teknologi Indonesia yang ditandai penerbangan perdana pesawat rancang bangun anak bangsa, N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung.

Sebelumnya, acara Peringatan Hakteknas ke 22 dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan (2017), dan Hakteknas ke 23 Pekanbaru, Riau (2018) dan tahun 2019 ini di Denpasar, Bali.

Pada peluncurkan puncak Hakteknas 2019 dihadiri Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir bersama Gubernur Bali I Wayan Koster.

Rangkaian Kegiatan Hakteknas-24 di antaranya Bakti Inovasi, Gerak Jalan Sehat dan Lomba, Kegiatan Ilmiah, Talkshow Series (TV dan Radio), Welcome Dinner, Acara Puncak Malam Apresiasi, Anugerah Inovasi, Pameran Inovasi Anak Negeri (‘Eye Catching’) dan Research, Innovation and Technology Exhibition (Ritech Expo) tahun 2019.

Peringatan Hakteknas ke 24 juga diisi dengan kegiatan ilmiah internasional baik dalam bentuk temu ilmiah, seminar, workshop maupun simposium yang dihadiri oleh perwakilan negara-negara Asia, Eropa dan Afrika.(L/R10/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.