Wapres Ma’ruf Amin Inisiasi Pembentukan Forum Komunikasi Umat Beragama tingkat Nasional

Jakarta, MINA – Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengadakan pertemuan dengan tiga menteri yakni: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Pertemuan tersebut membahas perencanaan Rakornas dan Pembentukan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Tingkat Nasional. Demikian keterangan yang diterima MINA Selasa, (3/11).

Wapres mengatakan, FKUB saat ini baru berada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. “Kini, kami inisiasikan untuk ada FKUB di Tingkat Pusat,” katanya.

“Terkait payung hukum, saya meminta Menteri Koordinator Bidang PMK, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama untuk mematangkannya dan kemudian melaporkan kembali kepada saya,” ujarnya.

Wacana pembentukan FKUB tingkat nasional sudah disampaikan pada saat melakukan pertemuan dengan Mendagri dan Wakil Menteri Agama pada Jum’at, 7 Februari dan dalam pertemuan bersama Asosiasi FKUB pada Selasa, 10 Maret 2020.

“Alasan utama saya adalah kerukunan antar umat beragama menjadi kunci dalam menjaga persatuan dan keamanan nasional. Umat rukun, Insya Allah Indonesia maju,” katanya. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)