Wapres Minta KASN Tingkatkan Kolaborasi

Jakarta, MINA- Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, meminta agar kerja kolaborasi antara dengan instansi di pusat dan daerah terus ditingkatkan.

Hal itu ia sampaikan pada acara Penyerahan Keputusan, Piagam, dan Plakat Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, pada Kamis (28/1).

Menghadapi tantangan dan dinamika penerapan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semakin kompleks, diperlukan sistem merit yang menekankan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja ASN. Demikian keterangan yang dikutip MINA Kamis, (28/1).

Wapres menekankan perlu terus dilakukan penguatan KASN pada aspek regulasi, kelembagaan, dan SDM, serta dukungan dari semua pihak.

“Penyelenggaraan acara Penyerahan Keputusan, Piagam, dan Plakat Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah menjadi momentum untuk mengoptimalisasikan penerapan sistem Merit,” ujar Wapres.

Selain itu, ia mengapresiasi penyelenggaraan yang penting ini dan menjadikannya sebagai momentum strategis untuk melakukan akselerasi, optimalisasi, dan internalisasi penerapan sistem merit ASN pada seluruh instansi Pemerintah.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada instansi Pemerintah yang telah berhasil ditetapkan dalam kategori “Sangat Baik” dan “Baik” dalam menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN,” kata Wapres.

“Salah satu karakteristik penting yang menjadi fokus Pemerintah yaitu integritas ASN,” lanjutnya.

Ia menegaskan, sistem merit harus menjadi dasar penerapan profesionalisme dan standar kompetensi dari ASN.

Hal ini diperlukan untuk melindungi kepentingan ASN itu sendiri dalam kaitannya dengan pembinaan karir, dan menghindarkan terjadinya politisasi birokrasi. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.