Warga Arab 58 Juta Jam di FB Sepanjang Ramadhan

Beirut, MINA – Warga Arab menghabiskan sekitar 58 juta jam lebih banyak di Facebook selama bulan Ramadhan dan menonton lebih banyak video di YouTube.

Konten yang diminati, menurut Al-Arabia, mulai dari kiat dan resep kecantikan hingga acara olahraga dan drama, menjadikan bulan ini yang paling menarik bagi pengiklan di jejaring sosial.

Facebook, Google, dan YouTube, percaya Ramadhan merupakan peluang untuk pertumbuhan pendapatan di wilayah tersebut.

Ramez Shehadeh, Direktur Pelaksana Facebook untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, mengatakan, pengguna menghabiskan tambahan 5 persen di situs tersebut, sekitar 58 juta jam lagi, selama bulan Ramadhan, menurut sebuah laporan oleh The Associated Press, Selasa (28/5).

Google menyebutkan, Ramadhan adalah puncak iklan di wilayah ini, dengan serial mencapai kenaikan sekitar 151% dalam jumlah pemirsa di situs YouTube.

Mencermati kenaikan ini, perusahaan meluncurkan “Penghargaan Lentera” untuk merayakan pengumuman bulan paling kreatif dan menarik.

Google telah memperhatikan bahwa video olahraga telah meningkat sebesar 22 persen, dan proporsi menonton video telah meningkat sebesar 30 persen. Sementara antara 10 dan 20 persen untuk acara games di Mesir, Uni Emirat Arab dan Kerajaan Arab Saudi Arab Saudi.

Konten agama di YouTube naik 27 persen.

Istilah pencarian populer tahun ini selama pekan pertama Ramadhan di Mesir, Irak dan Arab Saudi adalah game, doa, TV Ramadhan, jadwal film, dan hasil liga Inggris.

Aplikasi paling populer dari Google Play di Timur Tengah dan Afrika Utara telah memasukkan game seperti Stack Ball, platform siaran seperti Vu and Watch, dan platform e-shopping seperti Noon.com.

Menurut Google Maps, kunjungan ke pusat perbelanjaan meningkat lebih dari 20 persen selama pekan-pekan terakhir Ramadhan, dalam persiapan untuk Idul Fitri.

Untuk terhubung dengan sekitar 180 juta pengguna di Timur Tengah, Facebook dan Ingest telah meluncurkan ikon Ramadhan khusus untuk memberi orang lebih banyak cara khusus untuk mengekspresikan diri secara online.

Instagram juga memiliki kampanye untuk mempromosikan perbuatan baik selama sebulan. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)