Wiwiek Hargono: Ibu Punya Peran Penting Wujudkan Keluarga Sakinah

, MINA – Plt Ketua TP PKK Kota Bekasi, Wiwiek Hargono Tri Adhianto menyampaikan, sosok seorang ibu mempunyai peran penting dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah, baik peran sebagai isteri maupun sebagai pengayom bagi anak-anaknya.

“Tugas sebagai ibu bukanlah hal yang mudah, sebab ada sederet peran yang harus ditanggungnya dalam rumah tangga, membina kelurga untuk tetap harmonis dan melahirkan generasi berakhlak dengan pola asuh yang baik, mempersiapkan generasi terbaik menuju era Indonesia Emas 2045,” kata Wiwiek saat Peringatan di Kantor Kelurahan Perwira Bekasi Utara, Rabu (21/12).

Wiwiek mengatakan, perempuan perannya sangat banyak dari mulai keluarga, pendidikan, perekonomian hingga pembangunan karakter budaya bangsa.

“Perjalanan hidup tidak luput dari masalah, tetapi bagaimana  menyikapi menghadapinya. Seperti dihadapi kaum ibu saat ini, di era digitalisasi,  berkecimpung dan beradaptasi khusus di era digital,” imbuhnya.

“Perubahan teknologi digital, menghadirkan bagi perempuan harus belajar teknologi karena harus menyesuaikan zaman, saya juga masih belajar untuk menyesuaikan,”ujar Wiwiek.

Lanjut kata Wiwiek, dari segi keluarga, perempuan merupakan benteng utama keluarga karena harus bisa meningkatkan kualitas demi pendidikan anak-anak baik dari pendidikan formal maupun moral, dari sekolah dan sikap serta perilaku anak.

“Dari segi pendidikan, ibu adalah Madrasah pertama bagi anak-anaknya  Al–Ummu Madrasah Al–ula . Di mana ibulah sebagai sosok pertama yang akan menanamkan norma-norma kebaikan sekaligus menjadi teladan bersikap,”jelasnya.

Ibu adalah madrasah pertama dan sumber informasi pertama bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, perempuan dituntut untuk terus belajar dan berinovasi mengikuti perkembangan.

Dari segi perekonomian katanya, sekarang disadari bahwa segala sesuatu serba mahal dan membutuhkan biaya. Perempuan dituntut harus bisa mengelola keuangan keluarga. Bahkan tidak jarang perempuan turut andil dalam mencari nafkah tambahan agar kebutuhan keluarga dapat terpenuhi.

Wiwiek terus mendorong empat berdaya perempuan yaitu Berdaya Ideologi, Berdaya Ekonomi, Berdaya Spiritual, Berdaya Psikologi, ini upaya untuk membangkitkan perempuan menjadi mandiri dan memiliki rasa percaya diri akan potensi yang dimiliki serta mewujudkan perempuan hebat. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)