Ya Allah Sampaikanlah Kami Hingga Ramadhan

Oleh :Ust., Da’i Pesantren Al-Fatah, Penulis Buku

Saat ini kita berada pada Bulan Rajab atau sering dirayakan sebagai bulan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Setelah bulan ini, insya-Allah kita akan bertemu dengan bulan Sya’ban. Menyusul berikutnya adalah bulan suci Ramadhan.

Kita tentu sangat berharap, kiranya Allah berkenan memanjangkan umur kita, hingga dapat berjumpa dengan bulan penuh berkah dan ampunan Allah, Ramadhan al-Mubarak.

Ada salah satu doa untuk memperkuat harapan itu, yakni :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah kami pada .” (HR Ahmad dari Anas bin Malik).

Hadits ini dikatakan dha’if (lemah) dalam sanad menurut penelitian Syaikh Al-Albani. Namun demikian isinya baik dan dapat digunakan untuk kita berdoa.

Kita yang serba lemah tak berdaya ini, yang penuh dengan berbagai dosa  dan kemaksiatan sepanjang setahun lalu. Sementara ibadah masih sering kita abaikan, infaq dan sedekah pun masih belum maksimal.

Maka, kita yang serba dhaif, yang berharap mendapatkan ganjaran berlipat ganda dengan amaliyah pada bulan suci Ramadhan ini, sangat berharap dapat berjumpa dengannya.

Harapan besar setahun sekali meraih ridha dan ampunan Allah di masjid-masjid, di rumah-rumah Allah, dengan berbagai amal jama’i, bersama keluarga, tetangga, dan jamaah kaum muslimin dan muslimat.

Harapan kita untuk dapat berjumpa dengan bulan suci Ramadhan, akan terlihat dari kegairahan kita melakukan ibadah dan amal kebaikan pada bulan Rajab ini. Tanda bahwa kita antusias menyambut  Ramadhan, yang dimulai dari bulan Rajab ini.

Semoga Allah berkahi umur kita, Allah sehatkan kita jasmani rohani, Allah lindungi kita dari segala bencana dan marabahaya,  hingga kita dapat berjumpa dengan bulan agung nan suci Ramadhan. Aamin Yaa Robbal ‘Aalamiin. (A/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.