Yayasan Silaturahim Gelar Work Shop Komunikasi Efektif Pelayanan Pendidikan

Pegawai YPSJ mengikuti Work Shop bersama Dr. Leila Mona Ganiem.

Jakarta, MINA – Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya pada Sabtu (9/1) menggelar Work Shop Komunikasi Efektif dalam Pelayanan Pendidikan bersama Pakar Komunikasi Dr. Leila Mona Ganiem.

Acara itu diikuti oleh segenap staff YPSJ terdiri atas security, petugas kebersihan, kantin, bagian dapur, admin sekolah dan asrama, pustakawan serta petugas UKS.

Dalam acara itu para pegawai secara langsung mempraktekkan kiat-kiat komunikasi efektif yang telah diberikan oleh Dr. Leila.

Wakil Direktur Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ) Ayu Agus Rianti mengatakan,  acara ini merupakan salah satu bentuk pembekalan yang rutin dilakukan YPSJ setiap awal semester dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawainya.

“Semoga dengan mengikuti acara ini pengetahuan, keterampilan dan kepercayaan diri pegawai terutama di divisi umum, yaitu admin dan pustakawan dapat meningkat,” ujar Ayu.

Dalam kesempatan itu, Dr. Leila menyampaikan dalam memberikan pelayanan yang baik maka diperlukan tiga hal, diantaranya pengetahuan tentang sesuatu yang akan dilakukan, keterampilan yang merupakan seni bagaimana cara seseorang melakukan sesuatu yang disenangi orang lain, serta sikap atau attitude yang baik.

Ia juga mengatakan tentang beberapa hal yang harus dilakuakan dan dan diperhatikan dalam memberikan pelayanan, di mana para pegawai harus memberikan pelayanan secara prima, responsip, sigap, sabar dan percaya diri dalam menjalankan tugasnya.

Pegawai juga harus menjaga rahasia, tidak menyebarkan berita salah atau belum pasti kebenarannya, bertindak tegas dan berani mengambil keputusan sesuai peraturan, jujur bijaksana, bertanggung jawab melindungi aset dan orang yang ada di lingkungan kerja.

Leila juga menekankan bahwa memberikan pelayanan adalah bagian dari memuliakan manusia dan pekerjaan itu bagian dari ibadah, apapun situasi yang dihadapi maka para pegawai harus bisa menghadapinya dengan baik dan profesional.

“Terus berlatih bapak ibu. Banyak berlatih dan melihat contoh yang bagus. Memahami pekerjaan yang kita lakukan dan memberi lebih, dengan begitu kemana saja kita akan dikejar,” kata Leila.

“Insan mandiri memiliki visi, misi dan tujuan yang mulia, berlomba meraih berkah dan takwa di bidang pendidikan perlu dikelola dengan cermat,” ujarnya.

Yayasan Pendidikan Silaturahim menaungi tiga lembaga pendidikan, yaitu SD Silaturahim Islamic School, SMP IT Insan Mandiri Cibubur dan SMA IT Insan Mandiri Cibubur.

YPSJ dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas sekolah untuk mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah yang berbasis multiple intelligences, di antaranya asrama permanen, lapangan futsal dan basket, kolam renang, kantin dan sebagainya.

Selain program Project Based Quran, YPSJ juga memilik materi akademik Academic For Life yang berhubungan langsung dengan penyelesaian masalah kehidupan sehari-hari. Life Attitude dan Traditional Games yang merupakan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat lebih mengerti makna pembelajaran, serta Quality Time yang merupakan sekolahnya orang tua, sebuah wadah pembelajaran orang tua tentang masalah pendidikan dan anak yang diasuh oleh para ahli, dan Boarding School asrama yang mengajarkan siswa untuk bersikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari. (L/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)