SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Zionis Israel Hancurkan Masjid Terbesar Kedua di Gaza

Arina Islami Editor : Rana Setiawan - Jumat, 5 Juli 2024 - 02:00 WIB

Jumat, 5 Juli 2024 - 02:00 WIB

20 Views

Penampakan Masjid Ibn Uthman di Gaza yang hancur akibat serangan Zionis Israel (Foto: Kantor Berita SABA)

Gaza, MINA – Pasukan Zionis Israel menghancurkan masjid terbesar kedua di Gaza yang merupakan salah satu monumen bersejarah Islam yang terletak di lingkungan Shujaiyah pada Rabu (3/7).

Pusat Informasi Palestina (Palinfo) menyebut, pesawat tempur penjajah Israel menembakkan beberapa rudal besar ke Masjid bin Othman yang terletak di jantung lingkungan Shujaiyah dan mengubahnya menjadi puing-puing.

Menurut para ahli, masjid tersebut adalah masjid arkeologi terbesar kedua di Jalur Gaza setelah Masjid Agung Al-Omari yang terletak di lingkungan Al-Daraj di pusat kota dan merupakan salah satu masjid bukti sejarah jaman dahulu Kota Gaza.

Penduduk lingkungan Shujaiyah menyebut masjid ini Masjid Agung karena luasnya dan lokasinya yang sentral, pasar utama lingkungan tersebut, yang berdampak besar pada kehidupan mereka sepanjang zaman sejak didirikan dari 600 tahun yang lalu.

Baca Juga: Hamas Tuntut Sikap Tegas Internasional atas Pembantaian Jurnalis Palestina

Masjid bin Othman telah menjadi sasaran serangan dan pembongkaran selama perang sebelumnya di Jalur Gaza, dan dianggap sebagai pusat konfrontasi dengan pasukan pendudukan selama Intifada Batu yang pecah pada tanggal 8 Desember 1987.

Luas masjid bergaya Mamluk ini adalah 2.000 meter persegi, di mana 400 meter persegi merupakan luas halaman utamanya, dan memiliki dua pintu gerbang yang menghadap ke pasar Shujaiyah.

Pasukan pendudukan melancarkan serangan besar-besaran di lingkungan Shujaiyah sekitar sepekan yang lalu, yang merupakan serangan ketiga sejak dimulainya agresi di Gaza 9 bulan lalu, menyebabkan 150.000 orang di lingkungan tersebut mengungsi, menurut laporan terbaru statistik.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Aksi Pro-Palestina di London, Polisi Tangkap Lima Orang

Rekomendasi untuk Anda

Palestina