Cucu Nelson Mandela Masuk Islam

Mendiang Nelson Mandela dan cucunya, Mandla Mandela (Gallo/mg.co.za)
Mendiang dan cucunya, Mandla Mandela (Gallo/mg.co.za)

Cape Town, 4 Jumadil Awwal 1437/12 Februari 2016 (MINA) – Nkosi Zwelivelile Mandla Mandela, cucu mantan pemimpin bangsa Nelson Mandela, telah menikahi Rabia Clarke dengan tata cara pernikahan tradisional Muslim di Cape Town, ibu kota legislatif negara itu.

“Saya merasa terhormat dan senang untuk mengumumkan pernikahan saya dengan Rabia Clarke, di Cape Town, pada 6 Februari 2016. Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada orangtua Rabia, keluarga besarnya dan komunitas Muslim, yang menyambut saya dalam hati mereka,” demikian pernyataan yang disampaikan Mandla pada Ahad (7/2) malam.

Seperti dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (9/2), pemimpin Islam berpengaruh Sheikh Ebrahim Gabriels, yang menjadi penghulu dan saksi pernikahan itu, menginformasikan Mandla memeluk Islam dua bulan yang lalu.

Mandla yang merupakan masyarakat tradisional Xhosa saat ini memimpin Mvezo, tempat kelahiran mendiang Nelson Mandela. Adapun Rabia Clarke bersal dari keluarga Muslim di daerah pinggiran selatan Kota Cape Town.

“Meskipun Rabia dan saya dibesarkan dalam tradisi budaya dan agama yang berbeda, kebersamaan ini mencerminkan kesamaaan bahwa kita adalah bangsa Afrika Selatan,” kata Mandla, seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) dari Anadolu.

Para staf hotel disumpah untuk menjaga rahasia dan tidak diizinkan untuk berbicara tentang prosesi pernikahan tersebut, meski akhirnya bocor juga ke publik. Menurut laporan terpisah oleh BBC, Mandla melangsungkan pernikahannya di sebuah masjid di Cape Town.

Terbatasnya informasi seputar pernikahan ini menyebabkan sedikit yang bisa diketahui terkait pengantin baru tersebut.

Mandla telah menikah tiga kali sebelumnya. Pada tahun 2004, ia menikahi Tando Mabuna-Mandela dalam sebuah upacara sipil. Ia masih tercatat sebagai suami sah dari istrinya itu dan dan saat ini dalam proses perceraian di badan persengketaan adat atau tradisional.

Pada tahun 2010, ia menikah dengan Anais Grimaud dalam upacara tradisional namun karena menuai masalah gugatan akhirnya pernikahan mereka dibatalkan. Pernikahannya yang ketiga dengan Mbali Makhathini juga dibatalkan oleh pengadilan pada 2014. (T/P022/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)