11 Destinasi Wisata Pakistan Ini Sayang Untuk Dilewatkan

Destinasi wisata yang kaya  di Pakistan menawarkan beragam pilihan bagi wisatawan. Merupakan rumah bagi salah satu peradaban tertua di dunia, kota ini memiliki lokasi indah yang tak terhitung banyaknya. Mulai dari gunung tertinggi di dunia,  tempat religius dan bersejarah, seni dan kerajinan unik, serta budaya dan warisan yang kaya. Pakistan memikat para pecinta petualangan.

Pakistan menduduki peringkat nomor satu dalam daftar 20 destinasi liburan terbaik versi Conde Nast Traveler  tahun 2020. Lonely Planet menyebut Pakistan ‘tourism’s next big thing’. Forbes menempatkan Pakistan sebagai salah satu dari 10 tempat paling keren untuk dikunjungi pada tahun 2019.

British Backpacker Society (BBS) menyatakan Pakistan sebagai tujuan petualangan potensial terbaik ketiga di dunia tahun 2020 dan Pakistan menduduki puncak daftar tujuan wisata terbaik dunia dan menggambarknya sebagai ‘salah satu negara paling ramah di dunia’.

Kedutaan Besar Pakistan untuk Indonesia dalam buku A Tour Guide to Pakistan mendaftar setidaknya ada 180 lebih destinasi wilayah yang dapat dikunjungi. Mulai dari lokasi wisata di ibu kotanya Islamabad, di Kota terbesar Karachi, Lahore dan lainya. Termasuk di empat provinsinya; Punjab, Sindh, Khyber Pakhtunkhwa, Balochistan, juga di bagian utaraya Gilgit Balitistan serta Azad Jammu & Kashmir.

Berikut beberapa destinasi wisata Pakistan yang sayang untuk dilewatkan;

1. Galiyat

Daerah Galiyat meliputi daerah pegunungan sepanjang 80 km antara Abbottabad dan Murree. Karena aksesnya yang mudah, jaringan jalan yang bagus dan lokasi yang indah, Galiyat menjadi pusat daya tarik bagi banyak wisatawan dari seluruh negeri. Wilayah ini relatif mudah di akses dalam perjalanan melalui jalan bebas hambatan utama yang datang dari Peshawar atau Islamabad.

2. Khewra Salt Mines

Tambang Khewra merupakan tambang garam tertua dan terbesar kedua di dunia, dan merupakan objek wisata populer di dekat Lahore. Destinasi ini menarik sekitar 250.000 pengunjung setiap tahunnya, dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Pakistan.

Tambang garam ini sangat berkilau dan diterangi oleh lampu warna warni, ia terkenal dengan kolam air asinnya. Banyaknya garam di tambang ini juga membuatnya terkenal dengan produksi garam Himalaya merah mudanya.

3. Shalimar Gardens

Taman Shalimar terhitung sebagai salah satu tempat wisata terbesar di Punjab. Taman ini banyak menarik perhatian wisatawan domestik dan asing sepanjang tahun.

Katanya, perjalanan di Lahore belum sempurna jika tidak mengunjungi taman bertingkat yang menakjubkan ini dengan air mancur yang memukau, dedaunan yang sangat indah, paviliun yang dirancang indah, dan banyak lainya. Pada tahun 1981, Taman Shalimar masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia (UNESCO).

4. Anarkali Market

Pasar Anarkali. (Foto: StudioAndall)

Berbelanja tentu menjadi satu hal yang tidak terlewatkan saat berwisata, Pasar Anarkali bisa menjadi salah satu pilihannya. Pasar bersejarah ini merupakan pasar tertua di Pakistan dan di Asia Selatan, didirikan antara 200-400 tahun yang lalu.

Anarkali mempunyai suasana pasar yang otentik dan tradisional. Pasar ini adalah tempat di mana wisatawan bisa menikmati pengalaman berbelanja di pasar otentik di Lahore, tenggelam di toko-toko yang terjepit di jalan-jalan setapak.

5. Kuil Shah Rukn-e-Alam

Kuil Shah Rukn-e-Alam terkenal sebagai kuil yang paling memesona di antara banyak kuil Multan lainnya. Kuil ini dibangun pada tahun 1324 M dan merupakan percontohan yang luar biasa dari arsitektur Mughal. Makam ini dibangun oleh Kaisar Mughal Muhammad bin Tughlak.

Hal yang paling menawan dari makam ini adalah arsitektur campuran gaya asing lokal. Makam ini dipengaruhi sebagian besar dari gaya Persia dan Afghan. Kuil ini menarik lebih dari 100.000 peziarah yang menghadiri Festival Tahunan Urs untuk memperingati kematiannya.

6. Pantai Kund Malir

Pantai Kund Malir berada di Taman Nasional Hingol dan berjarak sekitar 236 km sebelah barat Karachi. Perjalanan antara Kund Malir dan Pantai Omara di wilayah pesisir Makran, 360 km barat Karachi, dapat menjadi perjalanan yang begitu berkesan.

7. Swat

Lembah Swat (Foto:Istimewa)

Lembah Swat yang Indah, dikenal sebagai Swiss dari timur dengan ciri keindahan pemandangan yang luar biasa. Dengan sungai yang menderu, air terjun, sungai yang bekelok-kelok, danau, hutan pinus, padang rumput alpine, puncak yang tertutup salju, kebun buah-buahan, ladang hijau subur, lereng gunung yang dipenuhi bunga, dan di atas semua itu, orang swati yang terkenal dengan keramahan tradisional mereka. Swat tidak diragukan lagi adalah salah satu tujuan wisata terindah di lembah utara Pakistan.

8. Danau Saiful Muluk

Menurut sebuah laporan, danau Saiful Muluk dianggap sebagai tempat wisata terbaik kelima di negara ini. Danau ini menghadirkan keindahan yang memesona, suasana yang menyenangkan dan pemandangan yang indah. Danau ini menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia setiap tahunnya. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah Mei-September.

Pada musim dingin, danau ini tertutup salju. Danau ini memiliki ikan trout coklat, pemandangan ikonik Nanga Parabat, puncak tertinggi Lembah Kaghan. Danau ini tersembunyi di pegunungan Himalaya dengan ketinggian 3.224 m di atas permukaan laut. Danau ini dapat dicapai dengan mobil jip dari lembah Naran dalam 30 menit.

9. Lembah Ghizer

Ghizer Valley. (Foto: GhizerValley.com)

Lembah Ghizer merupakan salah satu lembah paling indah di Gligit Baltistan. Lembah ini merupakan tanah air berwarna-warni, dihiasi dengan pepohonan, langit biru tua dan ladang hijau. Apel, Aprikot, dan anggur tumbuh berlimpah di daerah tersebut.

10. Skardu

Skardu adalah ibu kota wilayah Baltistan di Gilgit-Baltistan. Terletak di ketinggian 7.320 kaki (2231 meter), Skardu benar-benar surga bagi pendaki gunung. Dikelilingi pegunungan perkasa Karakoram Range. Lembah tersebut lebarnya sekitar 10 km dan Panjang 40 km. lokasinya tepat berada di pertemuan sungai Shigar dan Indus.

Fitur Alam yang menakjubkan ini menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Pakistan.

11. Patheka

Patheka adalah tempat wisata utama saat memasuki lembah Neelum Azad Kashmir. Kota yang disebut Kawasan bisnis lembah Neelum, di mana para pelancong menemukan semua hal yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ada berbagai hotel yang disiapkan untuk menampung banyak wisatawan ke Lembah Neelum.

Patheka banyak menawarkan pemandangan lembah secara keseluruhan, pegunungan yang luar biasa, cuaca Lembah Neelum yang menawan serta bukit-bukit hijaunya yang menarik banyak wisatawan. (A/R7/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)