47 Tewas, Puluhan Terluka Akibat Ledakan Dahsyat Pabrik Kimia di Yiangsu, Cina

Yancheng, Cina, MINA – Sebuah ledakan besar mengguncang sebuah di sebuah kawasan industri di Provinsi Jiangsu, pada Kamis (21/3).

Musibah ini menewaskan hampir 50 orang dan melukai puluhan lainnya serta merobohkan gedung-gedung pabrik, merusak rumah-rumah, sebuah sekolah dan mengirim segumpal asap besar ke angkasa.

Jendela-jendela rumah dan sebuah sekolah di daerah sekitarnya hancur oleh kekuatan ledakan, dan penduduk dievakuasi di tengah kekhawatiran tentang asap beracun, menurut pihak berwenang dan gambar yang diterbitkan oleh media lokal.

Mengutip Daily Sabah, insiden industri terbaru yang mengguncang Cina dalam beberapa tahun terakhir itu terjadi sekitar pukul 14:50 di fabrik kimia yang dikelola oleh Tianjiayi Chemical di Yancheng, provinsi Jiangsu, kata pejabat kota di Weibo, aplikasi Twitter versi Cina.

Sekitar waktu ledakan, Badan Kegempaan Cina melaporkan getaran berkekuatan 2,2 di Lianyungang, sebuah kota dekat ledakan Yancheng.

Sebuah nyala api besar terus menerangi langit pada Kamis malam, lapor seorang wartawan yang berusaha mengakses kawasan industri tersebut.

Puluhan mobil pemadam kebakaran dan ambulans – beberapa direkrut dari kota-kota lain – berpacu ke dan dari tempat kejadian.

Polisi menutup semua jalan dan akses ke lokasi tersebut.

Pandangan udara dari daerah ledakan menunjukkan petak besar kehancuran di kawasan industri, tempat banyak kebakaran awalnya berkobar.

Paling tidak enam orang tewas dan 30 lainnya luka parah, sementara banyak lainnya di sekitarnya terluka, kata pejabat kota di Weibo.

“Saat ini, penyelamatan di lokasi masih berlangsung … Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki,” kata para pejabat. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.