KORSEL TARGETKAN PENJUALAN PRODUK HALAL CAPAI RP.20,8 TRILIUN PADA 2017

(Sumber foto: Korea Portal/Getty Images, David Silverman)
(Sumber foto: Korea Portal/Getty Images, David Silverman)

Seoul, 26 Rabi’ul Awwal 1437/6 Januari 2016 (MINA) – Perusahaan pangan dan para petani (Korsel) akan kembali melirik penjualan menyusul ketatnya persaingan dan rendahnya nilai jual-beli produk non-halal.

Pemerintah Korsel mengatakan pasar produk halal memiliki prospek yang menjanjikan. Berdasarkan laporan terkini, luas pasar global produk halal diperhitungkan mencapai 18% dari keseluruhan pasar pangan di dunia atau setara dengan USD2,3 triliun.

Korsel mengungkapkan ekspor pangan dan ikan Korsel menuju , termasuk Dewan Kerjasama Negara Arab di Teluk, meningkat sebesar 5,9 persen atau menjadi USD339 juta antara Januari-November 2015.

“Pasar produk halal menjanjikan karena ukurannya. Selain itu, pasar ini masih belum dioptimalkan perusahaan dan petani Korsel,” ungkap Kementerian Pertanian Korsel seperti dilaporkan Korea Portal, dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Banyak negara muslim yang berhati-hati dan membeli produk yang aman dan berkualitas tinggi, ketimbang langsung memilih produk yang mahal. Kami menargetkan bisa menjual USD1,5 miliar (Rp.20,8 tirliun) di tahun depan,” tambah Kementerian Pertanian Korsel.

Pengembangan ini, menurut perusahaan pangan CJ CheilJedang, tidak terbatas. Bahkan berpotensi meningkat secara teratur mengingat angka penganut agama Islam di dunia juga terus bertambah secara signfikan di setiap tahun.

“Dengan meningkatnya populasi muslim di dunia, peluang pertumbuhan pasarnya juga tidak terbatas. Jadi, tidak heran jika saat ini banyak perusahaan di bidang makanan yang mengembangkan lebih banyak produk halal,” ungkap CJ CheilJedang.

Namun, seluruh produk itu juga harus sudah dilabeli sertifikat halal dari negara tujuan. “Di Timur Tengah misalnya. Di sana, kami tidak bisa sembarangan menjual produk. Kami harus punya sertifikat halal,” tandas pebisnis Kim Yang Chun. (T/P020/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Referensi:

http://en.koreaportal.com/articles/8292/20160105/south-korean-food-companies-tap-global-halal-market.htm

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.