Hajriyanto Thohari: Dialog Perdamaian Harus Didukung Aksi Nyata

hajriyanto thohari
Ketua PP Muhammadiyah, Hajriyanto Y. Thohari.(Foto: Istimewa)

Jakarta, 19 Rabi’ul Akhir 1437/28 Januari 2016 (MINA) – Ketua PP Muhammadiyah, Hajriyanto Y. Thohari, mendesak seluruh elemen masyarakat agar terus melakukan aksi kongkrit yang positif dan kontributif dalam menjaga di Indonesia.

Masyarakat Indonesia, kata Thohari, memang sudah berhasil  keluar dari konflik komunal pada awal reformasi. Namun, tantangan perdamaian tidak pernah berhenti di satu titik. Faktanya, Jakarta, baru saja diguncang aksi kekerasan yang berbau terorisme.

Beruntung, sebagian besar masyarakat Indonesia menunjukkan sikap yang lebih dewasa dalam menghadapi isu seperti itu sehingga perselisihan tidak kian meluas.

“Ditambah lagi dengan adanya dialog perdamaian yang digagas Pusat Dialog dan Kerja sama Sipil (CDCC) dan HWPL. Namun ini tidaklah cukup. Dialog-dialog seperti ini harus diterjemahkan ke dalam aksi yang lebih konkrit,” ujar Thohari dalam naskah pidato acara CDCC dan HWPL di Jakarta, Kamis (28/1) ini.

Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin pernah membentuk Indonesia Bergerak Selamatkan Bumi (Siaga Bumi). Pada tahun lalu, Pusat Penanggulangan Bencana Muhammadiyah juga terlibat dalam aksi kemanusiaan di Nepal pasca-gempa bumi.

Menurut Thohari, aksi-aksi tersebut bergerak atas nama kemanusiaan tanpa pernah memerhatikan latar belakang . “Kini, sudah saatnya organisasi keagamaan melakukan hal yang konkrit seperti itu, bukan sekadar membuat forum dialog,” tegas Thohari.

Direktur Eksekutif CDCC, Alpha Amirrachman, mengatakan pemahaman toleransi di kalangan elit sudah bagus. “Namun, yang menjadi masalah adalah di kalangan akar rumput (grassroot). Jadi aksi-aksi konkrit juga harus melibatkan kalangan akar rumput,” katanya.

Sementara Joseph Jeong dari HWPL mengatakan, tahun depan HWPL Indonesia akan mencoba melakukan aksi konkrit sebagaimana yang sudah dilakukan sebelumnya. Menurut Joseph, HWPL pernah turut terlibat dalam perundingan pertikaian di Filipina Selatan. (L/P020/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.