Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aa Gym: Tiga Jenis Hati yang Menentukan Hidup Manusia

Habib Hizbullah - Senin, 24 Januari 2022 - 02:10 WIB

Senin, 24 Januari 2022 - 02:10 WIB

26 Views

Lampung Selatan, MINA – KH. Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym mengatakan, ada tiga jenis qalbu (hati) manusia yang mendeskripsikan karakter seorang hamba.

Hal itu disampaikan Aa Gym saat mengisi Kajian Tauhid bertema “Manajemen Qalbu” di Baitul Qur’an Daarul Amiin Kebun Kurma, Dusun Negararatu 2, Desa Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Ahad (23/1) malam.

Aa Gym menjelaskan, dalam jasad manusia terdapat sesuatu, segumpal daging yang apabila dia bagus maka bagus seluruh begitupun sebaliknya, itulah qalbu. Maka sebaik-baiknya pendidikan kalau tidak ada pendidikan hati akan sulit.

“Sehingga orang yang hatinya bersih, apapun situasinya dia akan tetap tenang. Maka Rasulullah itu memiliki kesempurnaan akhlak. Bahagia, mulia itu ada pada akhlaqul karimah, siapa yang paling bagus hafalan Qur’an-nya? gampang, lihat akhlaqnya, mau hafal 30 juz kalau akhlaqnya jelek dia tidak ngerti Qur’an-nya sama sekali,” katanya.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Maka dari itu, lanjut Aa Gym, jenis hati manusia ada tiga, yang pertama adalah Qalbun Mayyit (hati yang mati), Qalbun Maridz (hati yang berpenyakit) dan Qalbun Salim (Hatinya bersih, sehat, selamat).

Qalbun Mayyit, orang yang hatinya mati. Lihat sja kekejaman-kekejaman orang, dia manusia tapi perbuatannya keji, ini orang tuhannya adalah nafsu, syahwat,” ujarnya.

Selanjutnya Qalbun Marid, dirinya adalah GTA (Galau Tiada Akhir) orangnya selalu stress dan gelisah meski hidupnya serba tercukupi.

“Stress, resah, bingung, takut, begitu aja dari bangun tidur sampe tidur lagi, ga ada bahagianya, walaupun harta banyak mobil mewah, uang banyak, cemas, mau tidur susah. Ini ciri orang berpenyakit hati pak, bukan masalah warna kulit, hidung mancung, kalau hatinya baik, wajah tu enak, pancarannya nyaman,” tuturnya.

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Ketiga adalah Qalbun Salim, yaitu orang yang hatinya selalu senang, bahagia, merasa nyaman dan tentram. Mau apapun kejadiannya akan tetap merasa tenang.

“Mau apapun kejadian, dipuji, dicaci, berpangkat maupun tidak, sehat, sakit, ada tiada apapun terjadi, enak aja. Sungguh mengagumkan keadaan orang beriman, semua urusannya jadi kebaikan,” ungkapnya.

Maka perlu diketahui, perbedaan orang yang berpenyakit hati dengan yang berpenyakit lahir. Kalau orang yang berpenyakit lahir akan terlihat. Seperti sakit gigi, sakit kepala, sakit perut dan sakit-sakit yang lainnya. “Tapi kalau orang yang berpenyakit hati ga keliatan, ga ngaku, beda-beda aja ngakunya,” lanjutnya.

Aa Gym dijadwalkan berkunjung ke Lampung dalam rangkaian tour DT Peduli hingga Rabu (26/1) mendatang yang sebelumnya telah mengisi kajian tauhid di beberapa tempat seperti Masjid Ad-Du’a Way Halim dan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Bandar Lampung. (L/R12/R1)

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Tausiyah
Indonesia
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia