Abu Ridho: Masa Depan Kaum Muslimin di Tangan Para Pemuda

Tebo, Jambi, MINA – Penentu suksesnya keberlangsungan masa depan kaum Muslimin terletak pada kesungguhan dan perjuangan para Pemuda.

Amir Majelis Taklim wa Tadrib, Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jambi, Abu Ridho menyampaikan hal itu pada acara (pemuda) di Masjid At-Taqwa, Kompleks Madrasah Al-Fatah Rimbo Bujang, Tebo, Jambi, Sabtu (10/9) malam.

“Untuk menentukan kesuksesan masa depan umat Islam ada pada tanggung jawab para pemuda, karena kesempatan hari esok datang pada dia yang berjuang demi keberlangsungan masa depan kaum muslimin yang jelas,” tambahnya.

Menurut Abu Rhido pemuda dipilih sebagai penentu suksesnya masa depan karena dilihat dari usia masih banyak kesempatan dalam mencari, mempelajari dan menyampaikan ilmu yang diperoleh.

“Jadikan semangat muda sebagai penentu pilihan, perlu pintar dalam mengolah agar tidak salah melangkah,” jelasnya.

Nabi Muhammad, lanjut Abu Rhido, adalah sebaik-baiknya contoh. Rasulullah sendiri adalah bukti dari betapa usaha, semangat, dan titik darah penghabisannya cukup menjadi bukti perjalanan umat Islam hingga saat ini.

Sebagai contoh kisah dalam QS. Yusuf: 23 saat Nabi Yusuf digoda oleh Zulaikha, Ratu dalam kerajaan yang ia singgahi, Nabi Yusuf berdoa meminta perlindungan kepada Allah, dan memalingkan diri dari kemungkaran yang ada di hadapannya.

“Nabi Yusuf pasrah, ketakutannya terhadap Allah adalah sebagai rasa patuh akan apa yang dihadapinya,” tambahnya.

Motivasi yang dapat diambil dari kisah ini kata Abu Ridho, di umur yang muda, dimana rentan tergoda dengan hal duniawi, kaum muda perlu memcontoh patuhnya Nabi Yusuf agar tidak sembrono dalam memilih tindakan,” katanya.

Abu Ridho berharap kepada pemuda agar senantiasa aktif memanfaatkan masa muda untuk hal-hal yang diridhoi Allah.

“Semoga semua niat baik kalian para pemuda selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala,” ujarnya.

Taklim Syubban tersebut sekaligus menutup kegiatan Diklat Jurnalistik Syubban dan Fatayat Wilayah Jambi yang diadakan pada Jum’at-Sabtu, (9-10/9) diikuti sejumlah 42 peserta dari Syubban dan Fatayat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jambi. (L/ara/B03)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.