MAN 1 Bandarlampung Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Pengurus OSIS

Photo bersama setelah dibukanya pelatihan jurnalistik oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandarlampung, H. Lukman Hakim, S.Pd., M.M. (Photo: Panitia)

Bandarlampung, MINA – Hadirkan pemateri dari Kantor Berita MINA, MAN 1 (Mansa) Bandarlampung menggelar bagi pengurus OSIS divisi jurnalistik, Sabtu (24/2) di Gedung Serba Guna Mansa.

Pada pelatihan tersebut diberikan dua materi pokok, yaitu Desain yang disampaikan oleh Operator Website Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandarlampung, Muhammad Yusuf, dan Materi Penulisan Berita (Redaksi) oleh Wartawan Kantor Berita MINA Biro Sumatera, M Habib Hizbulloh.

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandarlampung, H. Lukman Hakim, S.Pd., M.M tersebut merupakan agenda tahunan Pengurus OSIS divisi Jurnalistik sebagai penunjang bagi anggotanya dalam melaksanakan tugas di divisinya.

“Ilmu apapun itu, termasuk yang akan didapatkan oleh kalian semua, ada ilmu editing, redaksi, ilmu-ilmu jurnalistik ini bermanfaat tidak hanya di masa kalian sekolah, tetapi juga sebagai modal saat kalian melanjutkan ke jenjang selanjutnya,” katanya saat membuka pelatihan.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

Sementara, ketua pelaksana kegiatan, Winda Prameswari dalam sambutannya mengatakan, pelatihan diikuti oleh lebih 30 siswa anggota divisi jurnalistik yang nantinya akan belajar bagaimana membuat redaksi yang baik dan kemampuan mengedit poster digital.

“Ini digelar sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas jurnalis karena pelatihan tidak hanya bersifat teori tetapi juga akan langsung dilakukan praktik menulis berita dan men-desain,” ujarnya.

Habib saat menyampaikan materi menerangkan, media sangat berperan penting dalam membentuk opini publik, termasuk menggiring pendapat masyarakat dalam menentukan suatu sikap terhadap isu-isu tertentu.

“Dengan begitu, media khususnya wartawan yang bertugas di dalamnya, menulis berita sesuai dengan kondisi sesungguhnya di lapangan, menulis fakta dengan lengkap sehingga membuat pembaca memahami secara benar informasi yang ada dan tidak termakan oleh informasi-informasi lain yang menyimpang,” ujarnya.

Baca Juga:  Hardiknas, Fahmi Alaydroes: Selamat Hari ‘Keprihatinan’ Pendidikan Nasional

MINA (Mi’raj News Agency) adalah kantor berita umum yang berlandaskan Islam, terbit secara online dalam tiga bahasa, yaitu , Arab dan Inggris, dengan alamat website: minanews.net.

Dalam masa awal berdirinya, MINA mendapatkan dukungan penuh dari para wartawan senior, terutama dari kantor berita nasional LKBN Antara, dan saat ini, MINA telah terverifikasi administratif di Dewan Pers. (L/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.