“Aceh Culinary Festival 2019” Tgl. 5 – 7 Juli mendatang

Banda Aceh, MINA – Keberadaan kuliner Aceh memang tidak lepas dari citarasa, terlebih lagi kekhasan rempah yang begitu melekat.

Pada tahun ini, pun mengangkat “The Authentic Food Experiences” sebagai tema event kuliner tahunan tersebut.

“Kita memiliki delapan etnis yang tersebar di 23 Kabupaten dan Kota di Aceh, jadi jenis kuliner kita sangat banyak, unik dan otentik, ini yang coba kita jaga dan lestarikan”, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, Ahad (30/6).

Festival yang akan diselenggarakan selama tiga hari sejak mulai 5-7 Juli 2019 ini nantinya akan diisi berbagai agenda menarik, seperti The Food Market, pameran kuliner dengan 1.000 macam variasi makanan dan minuman yang terbagi di enam zona utama.

“Ada enam zona yang kita hadirkan, mulai zona Rumoh Makan Aceh, zona Aceh Food Market, zona Nusantara Food Market, zona The World Gourmet, zona Fusion Food, dan zona Food Innovation,” jelas Jamaluddin.

Selain pembagian zona, sebut Jamaluddin, berbagai kelas menarik seputar kuliner juga akan mengisi kegiatan Culinary Camp yang berisi 50 sesi demo masak, workshop dan diskusi mengenai kuliner.

Kelas-kelas kuliner ini akan menambah pengetahuan Anda tentang kuliner Aceh mulai dari bahan baku, bumbu hingga proses memasak serta cerita di balik hidangan istimewa tersebut.

Ahli Kuliner mulai dari Chef, Researcher, Food Writer, Blogger, Food Photographer, Gastronomist, Food Stylist hingga Mixologist berskala lokal, nasional dan internasional akan hadir meramaikan AFC 2019.

Ada satu hal menarik yang tidak pernah ketinggalan di AFC, ajang khanduri bersama.

Khanduri adalah budaya makan bersama yang sangat kental di Aceh. Hampir semua siklus hidup masyarakat Aceh dirayakan dengan Khanduri.

Tahun ini pun, panitia telah menyiapkan berbagai khanduri yang bisa dinikmati pengunjung secara gratis. Salah satunya adalah Khanduri Bu Prang, santapan khas sarapan di Aceh.

Bagi Anda para ahli masak, jangan lewatkan juga kompetisi memasak Koki Aceh Indonesia yang akan memperebutkan hadiah total Rp. 20 Juta. Bagi yang hobi makan, panitia juga telah menyiapkan arena lomba khusus untuk kompetisi “Culinary Pageant” yang memperebutkan gelar Mr. & Ms. Gourmet Aceh 2019.

Ajang pageant ini sangat berbeda. Peserta tidak akan melenggak-lenggok di catwalk, tapi akan ditantang adu cepat menyantap berbagai kuliner autentik Aceh, dijamin seru. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Ageny (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.