ACT Resmi Buka Kantor Cabang di Gaza

Gaza, MINA – Lembaga Nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT)  resmi membuka kantor cabang di Gaza, Palestina, Senin (22/2), bertempat.  di Kantor ACT Palestina di wilayah Al Minaa, Gaza Barat.

Langkah kemanusiaan yang berpusat di Indonesia ini disambut baik berbagai pihak, antara lain para tamu undangan yang hadir, yakni Gubernur Gaza Ibrahim Abu Al Naja dan Kepala Pemerintah Kota Gaza Yehia Al Sarraj, demikian keterangan yang diterima MINA.

Di Indonesia, Presiden ACT, Ibnu Khajar menjelaskan, pembukaan kantor ACT di Palestina menandakan langkah ACT yang semakin totalitas membersamai masyarakat Palestina.

“Jika mereka sebagai rakyat Palestina berjuang untuk mendapatkan tanah mereka kembali, kita sebagai bangsa Indonesia, bangsa yang merdeka, berikhtiar menopang kehidupan mereka melalui berbagai program kemanusiaan,” kata Ibnu.

Pembukaan kantor ACT di Palestina juga memantapkan langkah kemanusiaan ACT untuk mebangun kehidupan di Palestina dimulai pada 2021.

Ibnu berharap, seiring dibukanya kantor cabang, implementasi program-program kemanusiaan ACT semakin ajeg dan eskalatif.

Sebagaimana tahun ini, ACT berikhtiar membangun hunian untuk masyarakat Gaza melalui wakaf, dukungan modal usaha para untuk masyarakat Gaza melalui Wakaf UMKM Palestina, dan program inovatif Sister Family Palestine-Indonesia yang merupakan program dukungan biaya hidup dari dermawan Indonesia kepada keluarga Palestina.

“Insyaallah, berkat rahmat Allah dan dukungan para dermawan, program-program reguler ACT seperti bantuan pangan melalui Indonesia Humanitarian Center, dukungan klinik palestina, bantuan musim dingin, dukungan hidup untuk para murabithin, bantuan Alquran untuk anak-anak Palestina, dan distribusi air bersih, akan berjalan lebih maksimal lagi,” ucapnya.

Menurutnya, kehadiran kantor ACT di Gaza, Palestina juga diharapkan menambahkan kepercayaan dan dukungan dari dermawan di seluruh dunia.

Melalui tim ACT di Gaza, implementasi program akan lebih menyeluruh karena dikerjakan oleh orang-orang kompeten dan bermukim di Gaza.

Kepala Cabang ACT Palestina Tahany Ahmed Qasim menyambut baik dan bersyukur atas kehadiran ACT di Palestina. Sebelumnya, Tahany, yang merupakan warga asli Gaza, telah berkolaborasi dengan ACT untuk meluaskan jangkauan program-program kemanusiaan ACT di Palestina, khususnya Gaza.

Dengan kehadiran kantor representatif ACT di Palestina, ia bersama jaringan relawan di sana berharap dapat mendukung penuh ikhtiar mulia masyarakat Indonesia untuk membantu perjuangan bangsanya.

“Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari ACT dan masyarakat Indonesia, menjembatani kebaikan mereka untuk saudara-saudara saya di Palestina. Kehadiran kantor ACT di Palestina semakin mengokohkan dukungan masyarakat Indonesia di sini, yang selama ini mendampingi kami berjuang dan bertahan hidup di tengah krisis dan blokade Israel,” ungkap Tahany.

Bersamaan dengan peresmian tersebut, ACT turut meluncurkan sejumlah program kemanusiaan unggulan untuk Palestina. Mereka antara lain Wakaf Distribution Center, Wakaf Rumah Palestina, Sister Family Palestina-Indonesia, dan Wakaf UMKM Palestina.

Dalam acara peresmian, sejumlah armada kemanusiaan turut dihadirkan. Mereka antara lain Humanity Food Truck, Humanity Water Truck, dan Ambulans Pre-Hospital.

Tahany menyebut, warga setempat sangat antusias dengan adanya program-program tersebut saat peresmian kantor cabang ACT di Gaza.

“Alhamdulillah, warga di sini senang sekali dengan kehadiran armada-armada kemanusiaan ACT, juga program-program kemanusiaan yang diluncurkan. Adanya kantor ACT di sini terasa semakin mendekatkan kami dengan masyarakat Indonesia,” ucap Tahany. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)