AICIS 2016 Hasilkan Deklarasi Lampung

Bandar Lampung, 4 Shafar 1438/4 November 2018 (MINA) – Forum Annual International Conference on Islami Studies (AICIS) ke-16 secara resmi telah ditutup dan menghasilkan Deklarasi Lampung.

“Berkat kontribusi dan dukungan dari semua pihak, penyelenggaraan AICIS 2016 berlangsung sebagaimana yang kita harapkan,” kata Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Amsal Bakhtiar saat menutup Forum AICIS, di Kampus IAIN Raden Intan Lampung, Kamis (4/11).

Dikatakan Amsal, dalam keterangan pers yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), forum komunitas akademik yang dihadiri oleh intelektual pemerhati studi Islam baik lokal dan internasional ini, harus memberikan kontribusi bagi peradaban dunia.

Sesuai dengan tema AICIS 2016, “Kontribusi Islam Indonesia bagi peradaban dunia”, maka untuk memunculkan penjabaran Islam Indonesia dan strategi mendakwahkannya ke dunia, AICIS 2016 menyampaikan Deklarasi Lampung sebagai hasil dari AICIS 2016.

Berikut deklarasi Lampung yang dibacakan Rektor IAIN Lampung, Moh. Mukri dan diikuti para rektor PTKI lainnya:

Kami, unsur pimpinan dan segenap civitas akademika di seluruh perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia, menyatakan;

  1. Islam Indonesia adalah sebuah entitas keberagamaan yang mengapresiasi dan mengaksentuasi nilai-nilai moderasi, khasanah tradisi, nasionalisme, harmoni sosial, toleransi beragama dan demokrasi berkeadaban;
  2. Islam Indonesia bukanlah entitas keberagamaan yang tereduksi dan terdevaluasi, melainkan entitas yang sejajar, sederajat dan memiliki karkat-martabat yang sama dengan Islam di belahan dunia yang lain;
  3. Kami bertekad akan merawat, memperkuat, dan merevitalisasi Islam Indonesia yang berkeadaban;
  4. Kami bertekad akan mempromosikan dan mendesiminasikan Islam Indonesia ke panggung global agar keberadaannya mampu memberikan kontribusi positif bagi peradaban dunia;
  5. Kami menolak segala bentuk kekerasan dan radikalisme yang mengatasnamakan agama, karena agama itu suci dan Islam adalah agama perdamaian serta rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil alamin).

Diakhir penyampaiannya Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag mengatakan, deklarasi ini diharapkan menjadi model dan strategi promosi Islam Indonesia dalam kancah global. (T/ima/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)