Akhiri Masa Tugas di Indonesia, Dubes Saudi Pamit pada Menag

Jakarta, MINA – Mengakhiri  masa jabatan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi , berpamitan dengan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Senin (16/1/2023).

Laman resmi Kemenag RI menyebutkan, Dubes Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi akan digantikan oleh Faisal bin Abdullah Al-Amudi.

Turut mendampingi Menag, Dirjen Penyelengaraan Haji dan Umroh (PHU) Hilman Latif, Staf Khusus Menag Ishfah Abidal Aziz serta Habib Ali Bin Hasan Al Bahar.

“Besok saya akan kembali ke Arab Saudi setelah empat tahun  melaksanakan tugas di sini. Semua ini akan menjadi kenangan yang indah. Saya mendapatkan semua perlakuan yang baik selama di Indonesia,” kata Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi.

“Saya sudah menyampaikan kepada Dubes yang akan datang secara detail terkait urgensi kerja sama antara Kementerian Agama Republik Indonesia dengan kedutaan, karena lebih dari 40% tugas Kedutaan Saudi di Indonesia terkait dengan Kementerian Agama,” ujarnya.

“Saya sampaikan juga kepada Dubes penerus saya, untuk merespon secara cepat kepada pemerintah dan semua pihak terkait di Saudi  memberikan perhatian khusus untuk memastikan kemudahan yang diberikan untuk jemaah haji Indonesia sebagai negara muslim terbesar,” lanjutnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi telah banyak membantu Indonesia dalam pelaksanaan haji tahun 2022.

“Saya bersyukur telah mengenal Bapak Dubes. Saya merasakan betul pelayanan haji tahun lalu, Bapak Dubes sangat membantu kami. Perjalanan haji Indonesia kemarin luar biasa, kami dibantu komunikasinya dengan cepat dan dibantu jika ada kesulitan,” ujar Menag. (R/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.