Aktivis Pro-Palestina Belanda Jabat Wakil Menteri Luar Negeri

Aktivis pro-Palestina menjabat Wakil Menteri Luar Negeri Belanda. (Foto: dok. Financial Tribune)

 

Amsterdam, MINA – Seorang wanita   Belanda aktivis pembela hak-hak Palestina telah dicalonkan sebagai wakil menteri di kementerian luar negeri dalam rangka perombakan kabinet di negara kincir angin itu. .

Sigrid Kaag yang menikah dengan seorang anggota senior PLO Palestina, akan disahkan dalam beberapa hari mendatang sebagai orang nomor dua di kementerian tersebut, demikian penyiar publik NOS melaporkan Jumat (20/10).

Ia adalah istri politisi PLO Anis Al-Qaq, seorang wakil menteri di bawah Yasser Arafat pada 1990-an dan Duta Besar Otoritas Palestina untuk Swiss. Demikian situs Forward memberitakan yang dikutip MINA.

Kaag telah bekerja di badan PBB UNRWA untuk mendapatkan bantuan bagi rakyat Palestina.

Sebagai pembantu menteri, Kaag tidak akan secara langsung bertanggung jawab atas hubungan luar negeri negaranya yang merupakan salah satu sekutu terkuat Israel di Uni Eropa.

Ia akan bertanggung jawab untuk melaksanakan proyek-proyek bantuan di Tepi Barat, termasuk yang dianggap ilegal oleh Israel dan menyebabkan perselisihan antara kedua negara.

Sementara itu posisi Menteri Luar Negeri Belanda selanjutnya akan dijabat oleh Halbe Zijlstra dari partai berkuasa. Para aktivis pro-Palestina di Belanda menggambarkannya sebagai orang “sangat pro-Israel.” (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.