Al-Irsyad Al-Islamiyyah Fokus Pengkaderan Melalui Pendidikan

Jakarta, MINA – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Al-Islamiyyah, Dr Faisol N Bin Madi menegaskan program kerja PP Al-Irsyad saat ini memfokuskan pada kaderisasi di berbagai cabang.

Dia menjelaskan ada tiga program kaderisasi yang dikembangkan Al-Irsyad Al-Islamiyyah, di antaranya kaderisasi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Kaderisasi jangka pendek, Al-Irsyad Al-Islamiyyah akan memberikan beasiswa kepada anak-anak muda untuk menyelesaikan pendidikan di luar negeri.

“Kita memberikan beasiswa bagi pelajar kita ke Mesir, Madinah, Sudan, Maroko dan lainnya. setelah selesai kuliah, mereka akan mengabdi di sekolah-sekolah kita,” kata Faisol saat menyampaikan pidato pada Malam Silaturahim Idul Fitri 1439 H Al-Irsyad Al-Islamiyyah di Jakarta, Selasa malam (11/7).

Baca Juga:  BTM Diyakini Jadi Jembatan Enterpreneur Warga Muhammadiyah

Dia menyebutkan, untuk kaderisasi jangka menengah, Al-Irsyad Al-Islamiyyah akan memilih anak-anak calon mahasiswa yang berminat belajar di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA). Al-Irsyad Al-Islamiyyah akan memberikan pelatihan agar mereka terpilih untuk belajar di sana.

Kemudian kaderisasi jangka panjang, Al-Irsyad Al-Islamiyyah akan mendirikan lagi lembaga pendidikan di beberapa wilayah di Indonesia.

“Untuk jangka panjang salah satu contohnya kami sedang mempersiapkan pendirian Pondok Pesantren Al-Irsyad di Bondowoso,” ujarnya.

Sebagai salah satu organisasi Islam tertua di Indonesia, dia meyakini pentingnya generasi-generasi muda dengan memberikan fasilitas pendidikan dengan nilai-nilai Islam yang kuat guna merespon perkembangan zaman.

“Para pemuda dan pelajar harus mempunyai pondasi yang kuat sebagai kader kepengurusan dari sisi pribadi dengan karakter dasar keilmuan dan keimanan serta amal sholeh,” tambahnya.

Baca Juga:  Wapres: Kemenag Harus Lindungi Jamaah Haji Lansia

Acara halal bihalal ini dihadiri oleh Gubernur Anies Baswedan, Walikota Jakarta Timur M. Anwar, para tokoh Islam, duta besar negara sahabat Timur Tengah, dan para pimpinan dan kader PP .

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang menghadiri Malam Silaturahim tersebut juga menyoroti pentingnya pengkaderan melalui pendidikan.

Gubernur Anies berharap, Al-Irsyad Al-Islamiyah dengan jaringan pendidikan yang dimilikinya bisa menghasilkan dan menumbuhkan generasi baru yang menjadi pemenang di abad 21.

“Tantangannya memang besar tapi kalau melakukan perubahan yang serius dalam mengelola sekolah-sekolah. Insya Allah potensinya ada dan bisa muncul menjadi sekolah-sekolah terkemuka. Sehingga sekolah-sekolah tersebut akan menumbuhkan anak-anak yang bisa mewarnai masa depan dengan baik,” tambahnya.(L/Ammar/R01/P2)

Baca Juga:  Katering Jamaah Haji Gunakan Lebih 70 Ton Bumbu Indonesia

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.