AL-SHABAAB KEMBALI ANCAM SERANG KENYA

Kelompok Al-Shabaab mengancam pemerintah Kenya dengan rencana penyerangan lebih besar ke kota-kotanya. (Foto: Feisal Omar/Reuters)
Kelompok mengancam pemerintah dengan rencana penyerangan lebih besar ke kota-kotanya. (Foto: Feisal Omar/Reuters)

Nairobi, 16 Jumadil Akhir 1436/5 April 2015 (MINA) – Kelompok bersenjata Somalia Al-Shabaab yang membunuh 148 orang di Garissa, Kenya pada Kamis lalu, kembali mengancam akan melancarkan serangan lebih besar.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Sabtu (4/4), kelompok cabang Al-Qaeda itu memperingatkan, kota-kota Kenya akan “banjir darah”, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

“Tidak ada langkah-langkah keamanan yang dapat menjamin keselamatan Anda, menggagalkan terjadinya serangan lain atau mencegah pertumpahan darah lainnya di kota-kota Anda,” kata pernyataan itu untuk pemerintah Kenya.

Kamis pagi, empat anggota Al-Shabaab menyerbu kampus Universitas Garissa dalam serangan yang tampak direncanakan dengan matang, di mana kelompok mengatakan untuk membalas keterlibatan pasukan Kenya di Somalia yang memerangi mereka.

Kementerian Dalam Negeri Kenya mengatakan, mereka yang tewas yaitu 142 mahasiswa, tiga polisi dan tiga tentara.

Kementerian juga mengatakan, lima orang yang diduga terkait dengan serangan telah ditangkap.
Mahasiswa yang selamat, sementara bertahan di sebuah kamp militer, menunggu kepulangan, karena universitas telah ditutup tanpa batas waktu.

Christine Onyongo, salah satu korban, mengatakan kepada Al Jazeera, dia tidak akan kembali ke Garissa sama seperti kebanyakan mahasiswa lainnya.

“Setelah apa yang saya lihat, saya tidak bisa kembali,” katanya. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

http://aljazeera.com/news/2015/04/kenya-garissa-al-shabab-150404064958471.html

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0