AL-SISI BUKA KONFERENSI REKONSTRUKSI GAZA HARI INI

MINA-AL-SISI

MINA-AL-SISI
Presiden Abdul Fattah Al-Sisi (Foto: AAP)

Kairo, 19 Dzulhijjah 1435/12 Oktober 2014 (MINA) – Presiden Mesir Abdul Fattah Al-Sisi akan meresmikan bantuan () hari ini (Ahad) di Ibu Kota Mesir, Kairo.

Konferensi yang berlangsung enam pekan setelah 51 hari serangan Israel di Gaza, akan dihadiri negara-negara pendonor yang nantinya memberikan bantuan dana untuk rekonstruksi seperti Indonesia, Perancis, Italia, Jepang , Yordania, dan lainnya, termasuk Menteri Luar Negeri AS John Kerry  yang juga dijadwalkan hadir.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan ketua kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton juga akan menjadi salah satu peserta dalam konferensi tersebut, Ahram online yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Konferensi  itu bertujuan mengumpulkan sumbangan untuk pembangunan kembali Gaza yang hancur setelah serangan terbaru Israel yang intensif dalam kurang dari dua bulan.

membutuhkan sekitar $ 4 miliar (Rp.48,8 triliun)  untuk membangun kembali Jalur Gaza setelah hancur.

Serangan terbaru Israel ke Gaza dimulai pada 7 Juli dan berlangsung selama 51 hari, menyebabkan sedikitnya 2.148 warga Palestina meninggal dan melukai lebih dari 11.000 lainnya. Menurut laporan, sekitar 20.000 rumah hancur dan ribuan sekolah rusak oleh rudal Israel.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Palestina, Muhammad Mustafa, menyatakan konferensi diharapkan akan menghasilkan upaya  internasional dalam membawa masuk bantuan bahan bangunan ke Gaza agar bangunan-bangunan yang hancur bisa segera kembali dibangun.

Dia mengatakan sejumlah besar warga Gaza telah mampu kembali ke rumah mereka setelah terjadinya gencatan senjata beberapa waktu lalu, namun masih ada lebih dari 100.000 orang dari 20.000 keluarga yang masih tinggal di luar rumah mereka.(T/R04/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0