Alumni Arab Saudi Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal

Alumni Arab Saudi se-Indonesia menggelar silaturahmi dan halal bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah, di Jakarta Selatan, Kamis 25 April 2024 (Foto: Kurnia)

Jakarta, MINA – se-Indonesia menggelar silaturahmi dan halal bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah, di Jakarta Selatan, Kamis (25/4).

Acara dihadiri 150 peserta merupakan alumni dari sejumlah universitas Arab Saudi.

Ketua Umum Alumni Arab Saudi se-Indonesia mengatakan, tujuan diadakan adalah  mengoptimalkan peran alumni terutama kaitan antara dua negara Indonesia dan Saudi Arabia.

“Para alumni Arab Saudi di Indonesia, diharapkan menjadi jembatan  terjalinnya hubungan budaya dan pendidikan antara dua negara,” kata KH Bachtiar Nasir yang karib disapa UBN.

“Semoga dengan intens terjalinnya komunikasi yang baik secara formal, hubungan secara budaya dan pendidikan semakin kuat keuntungan kedua negara,” kata UBN.

Baca Juga:  Jelang Kemarau, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Panas

Terkait bidang pendidikan, selama ini Indonesia banyak mengirimkan mahasiswa ke Arab Saudi untuk belajar berbagai disiplin ilmu.

“Saat ada 2000 lebih mahasiswa Indonesia di sana. Itu yang terdata. Belum yang di akademi Masjid Nabawi, akademi di Masjidil Haram dan akademi di luar haram,” ujar UBN yang juga Ketua Umum DPP Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI).

Kemudian para alumni Arab Saudi juga bisa berperan sebagai jembatan penghubung politik Indonesia dengan Arab Saudi.

“Terutama di tengah konflik Timur Tengah saat ini. Tentu dalam hal ini kita akan sejalan dengan pemerintah Indonesia,” kata UBN.

Dalam acara halal bihalal Alumni Arab Saudi itu, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi Faisal bin Abdullah Al-Amudy dijadwalkan untuk hadir.

Baca Juga:  Ini Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Jamaah Haji 2024

Selain menyampaikan sambutannya, sedianya Duta Besar akan memberikan arahan tentang Makkah Route Initiative, atau Inisiatif Rute Mekkah.

Inisiatif Rute Makkah adalah program Kerajaan Arab Saudi untuk memberikan kemudahan bagi para dari tujuh negara, termasuk Indonesia, agar dapat melaksanakan ibadah secara efisien, nyaman, dan aman.

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.