Angkasa Pura II Siapkan Layanan Kepulangan Atlet Asian Games

Jakarta, MINA – PT Angkasa Pura II (Persero) siapkan Terminal 2 dan 3 Bandara Internasional Soekarno – Hatta untuk proses kepulangan kontingen 2018 yang berasal dari 45 negara, demikian juga dengan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Merujuk data Panitia Penyelenggara (INASGOC), jumlah calon pengguna moda udara ini tidak kurang dari 3.000 gelombang kepulangan. Sehingga persiapan kepulangan yang diperkirakan mengalami puncaknya pada 3-4 September 2018 memerlukan perhatian khusus.

“Sesuai arahan Presiden, kita harus menjadi tuan rumah yang baik. Oleh karena itu selaku pengelola bandara, kami harus memberikan yang terbaik, mulai dari safety, security, services, dan compliance,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Senin (3/9), demikian laporan InfoPublik.

Ia melanjutkan, khusus untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta, telah beroperasi 72 parking stand di Terminal 3 dilengkapi 41 garbarata, sedangkan untuk Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, mengoperasikan 18 parking stand dan 8 garbarata untuk kepulangan para atlet.

Masing-masing bandara juga disiapkan pelayanan khusus atlet, di antaranya jalur berstiker khusus para atlet dalam terminal bandara, posko Asian Games 2018 yang siap membantu keperluan transportasi dan logistik para atlet, penanganan khusus bagi atlet yang mengalami cedera atau trauma, pemberian souvenir kepada para ketua delegasi dan atlet, serta penanganan kemudahan dalam berkoordinasi dengan pihak maskapai.

Hingga saat ini, tercatat atlet yang telah meninggalkan Kota Palembang dan Jakarta sekitar 11.000 kontingen, atau lebih dari 50 persen, dan diprediksi akan bertambah jumlahnya usai acara penutupan Asian Games 2018 yang dilaksanakan pada 3 September 2018.

“Atlet yang tiba di Palembang sekitar 5.000 sedangkan yang sudah kembali ke negara asalnya mencapai lebih dari 3.000. Untuk Jakarta Jumlah kepulangan atlet akan melonjak diperkirakan mulai 3 September,” ungkap Awaluddin.

Selama berlangsungnya penyelenggaraan event empat tahunan ini, manajemen Angkasa Pura II menyambut dengan antusias. Beragam pernak pernik bertema Asian Games 2018 tampak disetiap sudut bandara.

Selain itu, publikasi serta aktivasi juga ikut memeriahkan suasana bandara. Flashmob, paduan suara, sports corner, hingga penambahan digital Asian Games 2018 juga bisa ditemukan di aplikasi Indonesia Airport.(R/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.