Anies Resmikan Gedung Pendidikan SDN Pondok Labu

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah serta asrama di Jakarta. Total ada 95 sekolah dan dua asrama yang diresmikan, di antaranya adalah gedung sekolah SDN Pondok Labu 01/05.

Didampingi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali, dan Kepala Disdik DKI Jakarta Ratiyono, Anies melakukan peresmian tersebut di Gedung SDN Pondok Labu 01, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/3).

Anies menuturkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus memperbaiki sarana dan prasarana sektor pendidikan yang representatif ke arah yang lebih baik. “Guna mencetak generasi penerus yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan zaman,” ujarnya.

Anies mengatakan, sarana dan prasarana pendidikan atau gedung sekolah yang direhab dan menjadi pilot project, dipastikan ramah bagi disabilitas anak berkebutuhan kusus.

“Kita meresmikan sekolah yang mengalami rehab besar, meliputi SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan PKBM. InsyaAllah semuanya dirancang setara untuk semua, jadi ramah bagi penyandang disabilitas,” terangnya.

Anies menambahkan gedung-gedung sekolah yang menjadi pilot project direhabilitasi total ini juga ramah lingkungan. Sebab gedung-gedung sekolah ini dilengkapi dengan sistem tata udara alami dan panel surya.

“Tumbuhkan kegiatan belajar mengajar dalam arti yang sesungguhnya. Suasana yang menyenangkan bagi siswa, guru dan juga suasana yang menantang. (Munculkan) perasaan belajar dengan target yang tinggi, tapi suasananya menyenangkan,” ucapnya.

Sementara Kepala Disdik DKI Jakarta Ratiyono memaparkan, gedung sekolah SDN Pondok Labu 01/05, menjadi salah satu gedung sekolah yang direhabilitasi total dan menjadi pilot project.

“Ada enam gedung sekolah yang direhabilitasi total dan menjadi pilot project yakni SMPN 59 Jakarta Pusat, SDN Lagoa 01/02/05 Jakarta Utara, SDN Cengkareng Barat 07/08 Jakarta Barat, SDN Pondok Labu 01/05 Jakarta Selatan, SDN Susukan 09 Jakarta Timur, dan SDN Pulau Untung Jawa 01 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu,” tambahnya.

Kepala Sekolah Dasar Negeri Pondok Labu 01 Dedi Suryadi mengatakan ia syukur atas pembangunan tersebut.

“Setelah dibangun, bangunan ini seperti yang diharapkan dan sudah memenuhi standar nasional pendidikan khususnya yang maksimal. Selain sebagai suatu kebanggaan sendiri, ini juga merupakan suatu tantangan. Maka ke depan, dengan sarana dan prasarana yang memadai ini, kualitas pendidikan akan kita harapkan dapat mencapai standar nasional pendidikan,” tandasnya. (L/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)