Aplikasi E-Maqro Digunakan Pada MTQ Tahun Ini

, MINA –  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-27, digelar di Sumatera Utara mulai Ahad (7/10) akan menggunakan aplikasi e-Maqra.

Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Khoirudin dalam Rakor persiapan MTQ mengatakan, dengan aplikasi ini diharapkan menjadikan MTQ semakin berkualitas. Maqra adalah soal atau daftar ayat yang nantinya akan dibaca oleh peserta, demikian dikutip dari laman resmi Kemenag.

Jika selama ini pengambilan maqra dilakukan manual, maka tahun ini akan menggunakan aplikasi e-Maqra.

E-Maqra adalah salah satu aplikasi pendukung pelaksanaan yang berisikan maqra-maqra (paket bacaan atau paket soal)  pada cabang-cabang tertentu seperti tilawah, tahfizh, fahmil qur’an, dan tafsir Al Qur’an.

“E-Maqra memuat menu tampilan maqra, sistem acak maqra, sistem input maqra dan tampilan teks ayat Al Qur’an,” kata Subhan selaku panitia MTQ Pusat.

Menurutnya ada beberapa hal yang melatarbelakangi penggunaan e-Maqro, salah satunya adalah pelaksanaan MTQ di beberapa negara sudah menggunakan e-Maqro hal ini juga sebagai bagian dari pengembangan sistem MTQ sesuai tuntutan zaman.

E-Maqro ini sebagai bukti nyata Kementrian Agama dalam mewujudkan MTQ yang transparan, kredibel dan efisien. (R/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.