Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arab Saudi Akan Lanjutkan Pembicaraan dengan Iran

sajadi - Ahad, 14 November 2021 - 16:23 WIB

Ahad, 14 November 2021 - 16:23 WIB

1 Views

Riyadh, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan al-Saud pada Sabtu (13/11) mengatakan, negaranya akan terus melanjutkan pembicaraan dengan Iran dan putaran negosiasi tambahan diharapkan segera dilakukan.

Pangeran Faisal mengatakan kepada FRANCE 24, empat putaran pembicaraan sebelumnya hanyalah “eksplorasi” daripada substansial, tetapi kedua belah pihak berkomitmen untuk terlibat, Anadolu Agency melaporkan.

Tapi dia menyatakan keberatan tentang negosiasi nuklir Iran yang akan dilanjutkan dalam beberapa pekan ke depan, mengutip masa lalu Teheran tentang kegiatan nuklirnya.

Menlu Faisal juga membantah laporan, Arab Saudi menarik pasukan dari Yaman. Situasi saat menemui jalan buntu secara militer dan diplomatik, katanya, menyesali bahwa Houthi tidak menyetujui proposal Saudi untuk gencatan senjata awal tahun ini.

Baca Juga: Sekjen PBB Bahas Gaza, Yaman, Lebanon Bersama Presiden Iran

Upaya diplomatik untuk memecahkan kebekuan antara Iran dan Arab Saudi telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Para pejabat dari kedua belah pihak mengatakan, ada kemajuan dalam pembicaraan yang ditengahi oleh Irak.

Empat putaran pembicaraan telah diadakanndi Baghdad sejak April untuk meredakan ketegangan yang pertama kali dipicu pada Januari 2016 menyusul serangan terhadap dua misi diplomatik Saudi di Teheran dan Masyhad yang dipicu oleh eksekusi seorang ulama Syiah terkemuka di Arab Saudi.

Sudah ada desas-desus tentang kedua belah pihak yang setuju untuk membuka kembali konsulat sebagai langkah pertama menuju pemulihan hubungan diplomatik, meskipun banyak masalah kontroversial yang belum terselesaikan antara kedua negara, terutama Yaman.

Sementara itu, Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian mengakui selama kunjungan ke Libanon pada pekan lalu, pembicaraan dengan Arab Saudi telah melangkah jauh dan ia berharap untuk melihat akhir dari ketegangan di wilayah tersebut. (T/RE1/P1)

Baca Juga: Agresi Israel di Lebanon Tewaskan 492 Orang

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Dunia Islam
Internasional
Indonesia