Arab Saudi Jadi Tuan Rumah KTT Dewan Kerja Sama Teluk ke-41

Kuwait, MINA – Arab Saudi akan menjadi tuan rumah KTT ke-41 para pemimpin Dewan Kerjasama Teluk (GCC) pada hari Selasa (5/1). Hal ini menjadikan Arab Saudi sebagai tuan rumah KTT GCC untuk tahun ketiga berturut-turut.

KTT tersebut akan diselenggarakan di kota bersejarah Al-Ula di barat laut Arab Saudi di tengah keadaan luar biasa akibat pandemi COVID-19.

Para pemimpin akan membahas sejumlah isu penting untuk meningkatkan proses kerjasama dan integrasi antar negara anggota di bidang politik, pertahanan, keamanan, ekonomi dan sosial.

Mereka juga akan membahas perkembangan politik regional dan internasional dan refleksi situasi keamanan di kawasan di enam negara anggota GCC.

Surat Kabar Al Bilal melaporkan, pelaksanaan KTT GCC ke-41 ini menandai kepemimpinan bijak Kerajaan Arab Saudi dalam mewujudkan peran utamanya mendukung kesatuan seluruh anggota Dewan Kerja sama Teluk dan kesinambungan pencapaiannya.

Surat kabar tersebut menambahkan, Sekretaris Jenderal GCC, Dr. Nayef Falah Al-Hajraf, menekankan kemampuan Dewan untuk menghadapi berbagai tantangan kedepan melalui aksi bersama.

Dia menyoroti peran utama Kerajaan Arab Saudi sebagai pilar utama sistem GCC, berdasarkan prinsip-prinsip kebijakan dan diplomasinya dalam mendukung Dewan dengan segala sesuatu yang mendorongnya kepada misis yang diinginkan.

Mewujudkan Persatuan

Sementara Ketua Dewan Syura Sheikh Dr. Abdullah bin Mohammed bin Ibrahim Al-Sheikh mengapresiasi atas undangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud kepada para pemimpin negara-negara Arab anggota GCC tidak terkecuali untuk berpartisipasi dalam KTT tersebut, di tengah keadaan luar biasa pada puncak pandemi virus Covid-19 yang melanda dunia saat ini.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang telah mngekibatkan dampak besar pada bidang politik, ekonomi dan sosial itu membutuhkan lebih banyak kerja sama regional dan internasional serta integrasi bersama, demikian Kantor Berita Nasional Saudi SPA melaporkannya, Senin (4/1).

Dr. Al-Sheikh membenarkan bahwa Raja Salman menempatkan masalah persatuan, kontinuitas, keberhasilan, dan penguatan tindakan negara-negara Teluk bersama di garis depan kepentingannya.

Dia juga mencatat bahwa Raja Salman telah tertarik untuk mengadakan KTT dengan partisipasi semua negara anggota, yang merupakan perwujudan dari pentingnya memperdalam kerjasama dan integrasi di antara negara-negara anggota di semua bidang.

Dewan Kerjasama Teluk (GCC) adalah sebuah blok dagang yang terdiri dari enam Negara Arab di Teluk Persia dengan banyak tujuan ekonomi dan sosial. Anggota GCC terdiri dari enam negara Arab yaitu Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)