Arab Saudi Juara Piala AFC U-19 untuk Ketiga Kalinya

Arab Saudi juara piala AFC U-19 2018 (foto: dok AFC)

Bogor, MINA – Arab Saudi merebut gelar juara  Asia (AFC) U-19 2018 untuk ketiga kalinya pada hari Ahad malam (4/11) berkat kemenangan 2-1 atas Korea Selatan di partai final yang berlangsung di Stadion Pekansari, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Sebelumnya Arab Saudi meraih juara ini pada tahun 1986 dan 1992.

Pada malam Ahad yang penuh drama tersebut, Arab Saudi hanya butuh kurang dari dua menit babak pertama untuk mencetak gol pertama melalui kaki Turki Al Ammar memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Abdulmohsen Al Qahtani.

Korea Selatan yang terkaget dengan gol tersebut berusaha untuk menyamakan kedudukan. Namun, Arab Saudi malahan semakin melebarkan keunggulan melalui sepakan Khalid Al-Ghannam yang menundukkan penjaga Lee Gwang-yeon pada menit ke-22.

Skor tersebut bertahan hingga akhir babak pertama. Di babak kedua, Korea tampil lebih menyerang dan hasilnya pada menit ke-64 Cho Young-Wook mampu mempersempit ketertinggalan menjadi 2-1.

Serangan demi serangan berusaha dilakukan oleh pemain Korea di sisa waktu pertandingan namun tidak membuahkan hasil hingga akhir babak kedua.

Dengan begitu, Arab Saudi berhak atas juara Piala AFC U-19 2018. Sedangkan bagi Korea Selatan, ini adalah perbaikan prestasi karena pada Piala U-19 Asia tahun 2016 mereka gagal melaju dari babak grup.

Selain menjadi juara, Arab Saudi dan ketiga tim lainya Korea Selatan, Qatar dan Jepang berhak mewakili Asia di Piala Dunia U-20 di Polandia tahun depan.

Sementara itu, tuan rumah Indonesia gagal mewujudkan impian ke Piala Dunia. Namun memunculkan pemain-pemain berpotensi di masa depan yaitu Todd Rivaldo Ferre dan Witan Sulaeman yang masing-masing membuat tiga gol di turnamen ini. (T/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)