Armenia Tuding Jet Turki Tembak Jatuh Jetnya, Turki Minta Bukti

Ilustrasi: jet tempur SU-25 buatan Rusia.

Yerevan, MINA – Armenia pada Selasa (29/9) menuding jet tempur F-16 Turki telah menembak jatuh salah satu pesawat tempurnya, SU-25, setelah lepas landas dari wilayah Nagorny Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diduduki Armenia.

“Sebuah pesawat SU-25 Armenia telah ditembak jatuh oleh pesawat perang F-16 Turki … yang terbang dari wilayah Azerbaijan,” tulis Juru Bicara Kementerian Pertahanan Armenia Shushan Stepanyan di Facebook, demikian dikutip dari Nahar Net.

Ia menambahkan bahwa “pilot Armenia secara heroik tewas.”

Namun, Armenia tak dapat menunjukkan bukti atas tuduhan tersebut. Turki dan Azerbaijan menyebut tuduhan itu mutlak tidak benar.

Ratusan orang dilaporkan telah tewas dan ratusan orang lainnya terluka sejak pertempuran antara Azerbaijan dan Armenia pecah di Nagorno-Karabakh pada Ahad lalu (27/9).

Direktur Komunikasi Turki Fahrettin Altun membela diri dalam menghadapi tuduhan itu. “Armenia harus mundur dari wilayah yang diduduki daripada menggunakan trik propaganda murah,” papar dia.

Ajudan Kepresidenan Turki Hikmat Hajiyev menjelaskan hal itu pada pers. “Su-25 bahkan tidak terdeteksi oleh radar kami. Biarkan Armenia ajukan bukti,” ujar dia. (T/RI-1/P1))

Mi’raj News Agency (MINA)