AS, Inggris, Prancis Kecam Suriah Penahanan Sewenang-wenang Warga Sipil

foto: Anadolu Agency

Damaskus, MINA – Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan beberapa negara mengecam pemerintah dan mendesak mengakhiri yang sewenang-wenang serta penghilangan paksa terhadap .

Berbicara pada pertemuan Dewan Keamanan, Duta Besar AS untuk PBB, Bathsheba Crocker, menuduh  Suriah menggagalkan setiap upaya  menemukan solusi politik untuk mengasi konflik. Demikian  Anadolu Agency, Kamis (27/1).

Crocker mendesak Suriah  untuk segera memberikan akses tanpa hambatan, masuknya bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang terkepung, membebaskan orang-orang yang  dipenjara  dan ditahan tanpa pengadilan.

Sementara itu, Duta Besar Prancis, Jerome Bonnafont mengatakan, selama lebih dari satu dekade, situasi di Suriah telah mengalami pelanggaran sistematis yang meluas terhadap hak asasi manusia dan hukum humaniter Internasional.

Ia meminta pemerintah Suriah menghentikan eksekusi ilegal, penyiksaan dan praktik tidak manusiawi di tempat-tempat penahanan.

“Pelanggaran yang tidak dapat diterima ini harus dihentikan dan para pelaku harus dimintai pertanggung jawaban,” tegasnya. (T/Hju/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.