ASIOP FC Jalin Kerjasama dengan Klub Jepang

(Doc. ASIOP)

Jakarta, MINA – Klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Akademi Sepak Bola Intinusa Olah Prima Football Club () resmi menjalin kerja sama dengan salah satu klub kasta tertinggi Liga Jepang (J-League), Shonan Bellmare.

Penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di ASIOP Training Ground, Sentul, Bogor, Sabtu (10/12).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Chairman ASIOP Ade Wellington dan Presiden ASIOP Ade Prima Syarif bersama Technical Director Shonan Bellmare Kiyoshi Sekiguchi.

Manajemen ASIOP mengaku sangat senang bisa bekerja sama dengan Shonan Bellmare.

“Kerja sama ini tentu sangat bagus untuk ASIOP karena Jepang sekarang bukan hanya menjadi kiblat sepak bola Asia saja tapi juga telah menjadi bagian penting sepak bola dunia dengan gaya sepak bola yang berbeda”, katanya.

Kerja sama ASIOP dan Shonan Bellmare berlangsung selama tiga tahun hingga 2025.

Presiden ASIOP Ade Prima Syarif menjelaskan banyak aspek yang menjadi fokus kerja sama antara ASIOP dan Shonan Bellmare. Salah satunya mengenai pengembangan dan pembinaan pemain muda serta peningkatan kualitas pelatih.

“Kerja sama ini meliputi beberapa hal terutama untuk membantu siswa-siswa ASIOP dan anak Indonesia bisa pentas di kancah internasional.”

“Karena setelah ini dari Shonan Bellmare akan mengundang anak-anak bertalenta dari ASIOP khususnya anak-anak usia 16-17 tahun untuk bisa latihan di Jepang,” ucap Ade Prima Syarif.

Selain itu kerja sama ini juga meliputi pembinaan pelatih. Nanti beberapa pelatih ASIOP akan dikirim ke Jepang untuk menambah ilmu kepelatihan dan pengalaman.

“Kemudian kami juga mendapat undangan untuk ikut Turnamen Internasional Copa Bellmare yang diikuti 24 tim dari 16 negara pada Juni 2023 mendatang,” kata Ade Prima Syarif menambahkan.

Sementara itu Chairman ASIOP Ade Wellington mengatakan kerja sama dengan Shonan Bellmare ini semakin memperluas jaringan kerja sama ASIOP dengan beberapa klub dari sejumlah negara.

Sebelumnya ASIOP telah bekerja sama dengan beberapa klub di Spanyol yaitu UD Logrones, CP Villarrobledo, dan CD Polillas Ceuta. Kemudian ASIOP juga telah menjalin kerja sama dengan akademi Amerika Serikat, Brooklyn United.

“Kerja sama ini membuat ASIOP lebih banyak lagi membuka link kerja sama dengan pihak di luar negeri. Bahkan Shonan Bellmare juga akan menempatkan satu pelatihnya di ASIOP untuk berbagi ilmu kepelatihan kepada pelatih di ASIOP.”

Sementara itu pihak Shinan Bellmare mengaku senang dengan kerja sama ini. Mereka berharap kerja sama ini bisa memajukan perkembangan sepak bola kedua klub.

Shonan Bellmare adalah klub anggota J-League atau Liga sepak bola profesional Jepang dan salah satu klub top J1.

“Secara khusus, mulai tahun depan di tahun 2023, kami sedang mempertimbangkan pengiriman pemain dari ASIOP ke Jepang untuk mengikuti pelatihan jangka pendek dan untuk berpartisipasi dalam Turnamen Internasional Copa Bellmare U-11 yang akan diadakan di Jepang pada bulan Juni.”

“Kami juga berencana membuka sekolah sepakbola bersama ASIOP dan Bellmare di Jakarta,” tulis pihak Shonan Bellmare. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)