Bantuan Pangan ACT untuk Diaspora Uighur di Awal Ramadhan

Istanbul, MINA – Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap () di awal Ramadhan ini mendistribusikan ratusan paket bantuan pangan dari masyarakat Indonesia untuk1.860 jiwa diaspora di Istanbul, Turki.

Paket pangan terdiri bahan makanan pokok, susu, dan cemilan itu diperoleh dari toko halal dan berkualitas milik keluarga Uighur di Turki.

Menurut Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response-ACT yang bertanggung jawab untuk program ini menjelaskan, bantuan pangan tersebut diperuntukkan bagi mereka yang nonaktif bekerja karena pandemi Covid-19.

“Tidak ada lapangan kerja aktif selama wabah, mereka jadi kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga,” kata Firdaus seperti dikutip dari ACTNews, Senin (27/4).

Dampak Covid-19 turut dirasakan diaspora Uighur di Istanbul, Turki. Pandemi juga melumpuhkan ekonomi sehingga penghasilan mereka menurun.

Bahkan, sebagian keluarga Uighur prasejahtera juga semakin merana dengan naiknya harga keperluan pokok sedangkan penghasilan berkurang. Ramadan pun harus dilewati dengan kondisi serba terbatas.

Hingga akhir pekan lalu, lebih dari 100.000 kasus positif Covid-19 menerjang Turki.

Bantuan paket pangan Ramadan kali ini bermitra dengan organisasi Muslim Malaysia Volunteer. Oraganisasi yang berdiri Desember 2014 itu juga berfokus kepada isu-isu kemanusiaan.

Minever, salah satu diaspora Uighur, mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan yang hadir di awal Ramadan. “Terima kasih MVM dan ACT,” kata Minever. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)