Ahli Bedah Uighur Ungkap Rahasia Ambil Organ di Tiongkok (Bagian 1)

Enver Tohti melihat ke luar jendela rumahnya di London, 2 April 2024. (Foto: RFA)

Oleh Staf Radio Free Asia (RFA)

Ketika seorang petugas polisi bersenjata mengarahkan ahli bedah Enver Tohti untuk mengambil organ dari seorang tahanan yang belum meninggal di tempat eksekusi di luar Urumqi, reaksi pertamanya adalah kelegaan yang luar biasa.

“Saya pikir mereka akan mengeksekusi saya,” kenangnya.

Saat itu tahun 1995. Tohti bekerja sebagai ahli bedah onkologi di Rumah Sakit Pusat Kereta Api di kota barat laut Urumqi. Dia telah didesak untuk bertugas pada menit-menit terakhir oleh kepala operasinya, yang menyuruhnya untuk membentuk tim bedah dan mempersiapkan “sesuatu yang liar” keesokan paginya.

Ketika pengemudi berbelok ke jalan pegunungan yang menuju ke tempat eksekusi setempat, Tohti menjadi “sangat, sangat takut” bahwa dia akan menjadi sasarannya, sebagai satu-satunya etnis minoritas yang hadir. Sebaliknya, timnya diarahkan ke seorang pria di ujung barisan tahanan yang telah dieksekusi dan diminta untuk mengambil ginjal dan hatinya.

Tiga puluh tahun kemudian, terus diganggu oleh tuduhan pengambilan organ secara paksa dan perdagangan manusia, meskipun telah melarang penggunaan transplantasi dari tahanan yang dieksekusi. Kongres AS sedang mempertimbangkan rancangan undang-undang yang akan menjatuhkan sanksi terhadap individu dan entitas yang terbukti terlibat.

Sebagai seorang aktivis dan pelapor, Tohti memberikan kesaksian di depan panel pemerintah AS pada tahun 2022 tentang pengalamannya sebagai dokter di Xinjiang.

Pengungkapannya tentang pengambilan organ serta tingginya angka kanker di Xinjiang terkait dengan program uji coba nuklir Tiongkok, memaksanya untuk melarikan diri pada tahun 1998. Pertama ke Turki, lalu kemudian ke London, tempat dia tinggal saat ini.

Kini, di usia 60-an, Tohti adalah pria yang serius, meski terkadang ia menampilkan sedikit humornya. Ia merupakan seorang pembicara alami, menceritakan kisah masa lalunya dengan jujur dan detail sehingga menambah kredibilitas pada klaimnya, yang juga telah diverifikasi secara independen.

Baca Juga:  Yuk Semangat, Ini Keutamaan Dakwah di Jalan Allah

Meskipun ia sudah bisa menerima diri sendiri atas trauma yang dialaminya, ada pesimisme dalam pandangannya karena tampaknya hanya sedikit yang berubah. Ia yakin, sistem pelecehan yang ditinggalkannya beberapa dekade lalu masih terus berlanjut hingga saat ini.

Enver Tohti bersama putrinya di Rumah Sakit Pusat Kereta Api Urumqi pada tahun 1994. (Foto: Enver Tohti)

Narapidana sumber transplantasi

Di masa lalu, pengambilan organ tahanan yang akan dieksekusi diperbolehkan secara hukum di Tiongkok setelah undang-undang tahun 1984 mengizinkan praktik tersebut dalam keadaan terbatas.

Narapidana diam-diam menjadi sumber transplantasi yang paling umum selama beberapa dekade berikutnya karena sumbangan organ jarang terjadi. Pada tahun 2011, sekitar 65% transplantasi di Tiongkok menggunakan organ dari donor yang telah meninggal, lebih dari 90% di antaranya adalah tahanan yang dieksekusi, menurut sebuah makalah di jurnal medis Inggris The Lancet yang ditulis oleh Wakil Menteri Kesehatan Tiongkok saat itu, Huang Jiefu.

Praktik ini dikutuk oleh organisasi medis dan hak asasi manusia internasional serta dilarang pada tahun 2015, menyusul protes ketika muncul bukti pemanenan paksa dan korupsi. Kritikus menuduh bahwa tahanan dieksekusi karena alasan politik.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Tiongkok telah berulang kali berjanji untuk menindak perdagangan organ. Undang-undang terbaru ini akan mulai berlaku pada tanggal 1 Mei 2024. Namun, upaya ini dipandang oleh beberapa orang sebagai pengakuan diam-diam bahwa sistem transplantasi medis di Tiongkok – yang diawasi oleh negara – masih beroperasi pada pengambilan organ.

Aktivis hak asasi manusia mengatakan, ada bukti bahwa pemerintah terus terlibat. Penahanan massal warga Uighur yang sedang berlangsung di Xinjiang, bersamaan dengan proyek untuk mengumpulkan sampel DNA dalam jumlah besar dari populasi, menawarkan peluang untuk menargetkan kelompok tersebut untuk pengambilan organ. Itulah ketakutan para aktivis hak asasi manusia.

Baca Juga:  Muhammad Ibrahim: Serangan Israel ke Rafah Potensi Timbulkan Perang dengan Mesir

Ethan Gutmann, seorang peneliti di Victims of Communism Memorial Foundation, telah bersaksi tentang kesaksian langsung orang-orang Uighur yang diasingkan berusia pertengahan 20-an hingga awal 30-an yang menjalani pemeriksaan medis misterius. Orang-orang tertentu kemudian ditandai dan kemudian menghilang dari kamp. Dia diberi tahu hal itu oleh seorang dokter yang bekerja di salah satu kamp.

Kejadian-kejadian ini, bersamaan dengan pembangunan infrastruktur seperti krematorium dan jalur transportasi khusus di dekat rumah sakit dan bandara di Xinjiang, mengarah pada pengambilan organ, katanya.

Namun, kasus-kasus individual sulit untuk diverifikasi dan bukti nyata sulit didapat.

Radio Free Asia (RFA) menghubungi Kedutaan Besar Tiongkok di Washington untuk memberikan komentar mereka mengenai cerita Tohti, kesaksian Gutmann, serta meminta informasi terkini mengenai aktivitas penegakan hukum apa pun.

Juru Bicara Liu Pengyu menjawab melalui email: “Klaim yang relevan adalah kebohongan murni dan fitnah jahat terhadap Tiongkok.”

Temuan pada anak Uighur

Tohti mengatakan kepada RFA, menurutnya kesimpulan Gutmann dan kecurigaan bahwa pengambilan organ terus berlanjut di Tiongkok saat ini adalah hal yang dapat dipercaya. Dia telah mengenal Gutmann selama bertahun-tahun. Namun menurutnya, Uighur bukanlah satu-satunya korban.

“Siapa pun adalah target pengambilan organ di bawah pemerintahan Partai Komunis Tiongkok,” katanya.

Tohti mengatakan, dia pertama kali menyadari masalah ini lima tahun sebelum perjalanannya ke tempat eksekusi, ketika seorang pria Uighur membawa serta putra remajanya yang baru saja kembali ke rumah setelah hilang. Pria tersebut khawatir organ putranya mungkin telah diambil selama dia tidak ada, mengutip kasus serupa yang terjadi pada anak-anak Uighur yang kembali hilang di kampung halamannya di pedesaan.

Tidak ada bekas luka operasi di tubuh bocah itu. Tohti mampu meyakinkannya. Namun, pria tersebut pulang ke rumah dan memberi tahu teman-temannya bahwa ada seorang dokter Uighur di Rumah Sakit Pusat Kereta Api yang akan memeriksa anak-anak mereka. Kemudian ada lusinan nak-anak datang selama praktik enam bulannya di klinik rawat jalan tersebut.

Baca Juga:  Delegasi Hamas di Kairo Bahas Gencatan Senjata

“Saya menemukan bekas luka pada tiga anak,” kata Tohti. “Ultrasonografi memastikan bahwa satu ginjal mereka hilang.”

Tohti pertama kali berbicara tentang keterlibatannya di sebuah acara publik di London – pada pertemuan Henry Jackson Society, sebuah wadah pemikir konservatif, pada tahun 2009, di mana Gutmann mempresentasikan penelitiannya tentang pengambilan organ.

“Saya belum siap mengaku, tapi tangan saya terangkat,” kenang Tohti. “Tuhan mengangkat tangan saya. Hari itu saya… khawatir mereka [yang berkumpul] tidak akan menerima saya.”

Sejak pengakuan publik pertamanya, Tohti menceritakan kembali kisahnya dengan lebih percaya diri, sebagai seorang aktivis. Dia telah mengulangi hal ini di surat kabar, saluran video online, di Kongres AS, dan kelompok hak asasi manusia.

Namun, ketakutannya akan penilaian karena mengungkapkan pengalamannya tidak sepenuhnya tidak berdasar.

Dia tidak dapat melanjutkan praktik kedokteran di London karena kegagalan persyaratan bahasa yang ketat oleh Layanan Kesehatan Nasional Inggris. Dia kemudian malah mencari pekerjaan sebagai sopir.

Setelah The Mirror, sebuah surat kabar Inggris, memuat berita tentang pengalamannya pada tahun 2020, ia mendapati dirinya sedang diperiksa oleh otoritas lalu lintas London sebagai akibat dari “pemberitahuan yang bersifat merugikan”, menurut surat tertanggal 30 Desember 2020 yang ditujukan kepada Tohti. Dia sedang mengemudi untuk Uber pada saat itu.

Seorang juru bicara agensi tersebut menolak mengomentari alasan penyelidikan tersebut, tetapi mengungkapkan bahwa pihaknya menyimpulkan bahwa dia adalah seorang pelapor.

“Selama masa penyelidikan, dia tetap bisa mengemudi dan pada akhir proses diputuskan tidak ada tindakan lebih lanjut yang harus diambil,” kata juru bicara tersebut. Saat itu, Tohti bekerja sebagai sopir cadangan untuk temannya yang membawa truk.

Bersambung ke Bagian 2. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.