Azan Pertama Gunakan Pengeras Suara Dikumandangkan di Amsterdam

, MINA – Kumandang azan untuk shalat Jumat (15/11) memakai untuk pertama kalinya dilakukan di Amsterdam, ibu kota Belanda.

Menurut Juru bicara , di Amsterdam, pihaknya sudah merencanakan azan menggunakan pengeras suara pada Jumat lalu, tetapi kabel sistem yang terhubung di audio diputus oleh orang tidak dikenal, demikian Anadolu Agency dikutip MINA, Sabtu (16/11).

Jumat ini menjadi sejarah baru bagi penduduk Muslim di Amsterdam, bahkan para pengunjung masjid dan penduduk setempat berdiri di luar untuk merekam momen ini di ponsel mereka.

“Mereka senang dan merasa terhormat mendengar suara azan dengan pengeras dikumandangkan, meskipun sebelumnya ada penundaan,” kata Wildeman.

Ia menjelaskan bahwa baru ada 7% masjid di Belanda yang mengumandangkan azan setelah bertahun-tahun. Wildeman mencatat bahwa ini adalah azan pertama kalinya bagi ibu kota Belanda.

“Ada reaksi berbeda dari penduduk setempat. Beberapa mengkritiknya, tetapi secara umum reaksinya positif,” tambahnya.

Di samping itu, Ursula van Spronsen, seorang warga setempat, mengatakan saya datang ke masjid untuk pertama kalinya mendengar azan dan itu terdengar bagus.

Di Belanda, di mana kebebasan beragama dilindungi oleh Konstitusi, diperbolehkan bagi semua agama untuk memanggil orang-orang beriman untuk beribadah dengan hukum yang diatur pada tahun 1980.

Menurut hukum, kotamadya dapat membatasi durasi dan volume azan, tetapi tidak dapat melarangnya. Ada sekitar 500 masjid di seluruh Belanda. (T/P10/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)