Badko TPQ Jateng Bertekad Siapkan Generasi Qurani

Brebes, MINA – Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur’an ( ) Provinsi Jawa Tengah (), bertekad menyiapkan yang Qurani dan Cinta NKRI.

Untuk mewujudkannya, Badko TPQ Jateng terus melakukan berbagai inovasi dan kreativitas pembelajaran berkualitas, termasuk pemenuhan ustadz dan jumlah santri.

Ketua Badko TPQ Jateng H Ateng Chozani Miftah saat melantik Pengurus Badko TPQ Kabupaten Brebes masa khidmat 2019-2023 di Pendopo Bupati Brebes, Kamis (7/2), mengatakan pelantikan hanyalah formalitas administratif saja, sementara tugas-tugas yang ada adalah tanggung jawab dalam kiprah selanjutnya.

Kepengurusan yang baru dilantik diharapkan dapat menjalankan program program yang telah ada dengan lebih baik. Semangat menjalankan roda organisasi dan harus dilandasi kecintaan terhadap Allah SWT, Rasulullah SAW dan kecintaan terhadap Al-Quran.

Ateng juga berharap agar Badko TPQ yang baru dapat memasukan nilai-nilai kebangsaan dalam pembelajaran di TPQ, agar kedepan tumbuh santri santri generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Bupati Brebes dalam sambutan yang dibacakan Asisten bidang Pemerintahan dan Sosial Sekda Brebes H Athoillah Syatori menyampaikan ucapan selamat. Bupati berharap keberadaan Badko TPQ bisa mewarnai tumbuh dan berkembangnya TPQ yang ada di Kabupaten Brebes, sehingga tumbuh secara kuantitatif maupun kualitatif.

“Kepengurusan baru diharapkan kreatif dan inovatif dengan mencari terobosan baru dalam mewujudkan tata kelola TPQ di Kabupaten Brebes yang lebih baik,” ajaknya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Brebes H Mahrus MPdI melaporkan, jumlah TPQ yang terdaftar dan mendapatkan izin operasional di Kabupaten Brebes sebanyak 1.063 lembaga. Namun yang masuk data base EMIS baru sekitar 715 lembaga dengan Jumlah santri 64.791 dan Jumlah ustad-ustadzah sebanyak 3.838.

Dari jumlah tersebut karena kevakuman kepengurusan yang lama, hanya 263 ustaz-ustazah yang terdata dan dinyatakan layak oleh biro Kesra Provinsi Jawa Tengah. Sehingga masalah tersebut saat ini menjadi pekerjaan rumah bagi pengurus yang baru untuk menyelesaikanya.

Adapun kepengurusan Badko TPQ Kab Brebes periode 2019-2023 yang dilantik dan dikukuhkan antara lain Ketua Miftakhudin SPdI MM, Sekretaris H Maskuri SPdI dan Bendahara Hj Siti Kholilah.

Tampak hadir Kepala Bag Kesra H Ahmad Makmun, Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab Brebes Ujang Puri, serta Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Brebes. (L/B05/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.