Badminton: Jadwal Piala Sudirman 2021

Jakarta, MINA – Ajang turnamen badminton Piala Sudirman 2021 sudah merilis jadwal. Laga dijadwalkan akan di mulai 26 September hingga 3 Oktober 2021 di Vantaa, Finlandia.

Tim Indonesia tergabung di Crup C bersama Denmark, ROC (Rusia) dan Kanada. Demikian dalam ketetangan tertulis yang diterima MINA, Ahad (19/9).

Tim Merah Putih akan diperkuat 20 wakil pemain dengan beranggotakan 11 atlet putra dan 9 atlet putri.

Tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra membawa 3 wakil. Sedang nomor ganda putri dan ganda campuran di Sudirman Cup 2021 masing-masing punya 2 pasangan.

“Untuk tim Piala Sudirman ini memang dasarnya sudah dipilih dari pemain-pemain terbaik. Kami melihat kesiapan mereka baik di latihan maupun di simulasi lalu,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.

Dalam kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman, tiap tim akan menurunkan wakil terbaik pada 5 kategori. Di babak penyisihan grup, pertarungan tim dilaksanakan lengkap untuk 5 sektor.

Sementara saat sudah memasuki babak knockout (fase gugur), duel akan dihentikan saat salah satu kubu sudah mendulang 3 poin kemenangan.

Pertarungan fase grup menggunakan sistem round-robin. Tiap grup memperebutkan 2 tiket ke fase knockout yang akan dimulai dari babak 8 besar (perempat final).

Berikut Hasil Drawing Piala Sudirman 2021

GRUP A
Cina
Thailand
Finlandia
India

Grup B
Taiwan
Korea Selatan
Tahiti
Jerman

GRUP C
Indonesia
Denmark
ROC (Rusia)
Kanada

GRUP D
Jepang
Malaysia
Inggris
Mesir

Sejauh ini Tim Indonesia tercatat baru 1 kali meraih gelar juara Piala Sudirman, yakni pada edisi perdana tahun 1989 yang dihelat di Jakarta.

Selepas itu torehan terbaik Merah Putih hanya sanggup menjadi runner-up sebanyak 6 kali, yang terakhir dicapai pada edisi 2007 silam.

Sedangkan pada edisi terakhir atau Piala Sudirman 2019 lalu, skuad Merah Putih tersisih di babak semifinal usai kalah 1-3 di tangan Jepang. (R/R11/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)