Basarnas Lampung Gelar Kegiatan SAR Goes To School

Bandar Lampung, MINA – menggelar kegiatan SAR Goes To School (SGTS) di GSG Karya Bakti Herman H.N Kemiling Kota Bandar Lampung, Rabu (26/7).

Bertindak sebagai ketua penyelenggara kegiatan tersebut, Kepala Seksi Sumber Daya, Iwan Ramdani yang mewakili Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah, S.Sos.

Dalam sambutannya, Iwan Ramdani menyampaikan, kegiatan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para peserta agar mampu menghadapi kedaruratan baik itu kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia.

“Tema kegiatan SGTS tahun ini adalah Embracing Preparedness,” kata Iwan sebagaimana rilis yang diterima MINA.

“Maksudnya adalah kegiatan ini dapat menginspirasi siswa untuk lebih peka terhadap keselamatan, kesiapan, dan membangun rasa empati serta tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakat,” lanjutnya.

Baca Juga:  Peran Dakwah dalam Memperbaiki Akhlak Umat

Peserta SGTS berjumlah 80 siswa yang berasal dari kelompok Pramuka Kwarcab Kota Bandar Lampung, dan Kwarcab Kab. Lampung Selatan.

Acara yang dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 26 Juli 2023 itu membawa materi yang terdiri dari MFR (Medical First Responder), HART (High Angle Rescue Tehnique), Urban SAR, Jungle Rescue, dan Water Rescue.

Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Deni Ribowo turut mengucapkan terima kasih kepada Basarnas Lampung yang telah memberikan pembekalan kepada Provinsi Lampung khususnya yang berasal dari kelompok Pramuka.

“Basarnas berkolaborasi dengan pihak Pemda mengadakan kegiatan ini dengan sasarannya adalah Pramuka yang berasal dari siswa pelajar SMA di Lampung Selatan dan Bandar Lampung,” ujar Deni.

Baca Juga:  Indonesia-Arab Saudi Tambah Rute Penerbangan Baru Jamaah Haji 2024

“Hal ini menjadi catatan bagi kami komisi V, sebagai peningkatan kapasitas potensi SAR di provinsi Lampung. Dan diharapkan di kabupaten lain bisa diadakan kegiatan seperti ini,” tutupnya.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, Anggota Komisi V DPRD Lampung Deni Ribowo, Koordinator FKP3D (Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah) Lampung Aris Gibrant, perwakilan pimpinan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, BPBD Prov. Lampung, BPBD Kota Bandar Lampung, BPBD Kab. Lampung Selatan, Kwarcab Kota Bandar Lampung, Kwarcab Kab. Lampung Selatan, Danramil Kedaton, FRRL dan Kapolsek Rajabasa. (R/R12/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.