Baznas Akan Luncurkan Program Kurban Digital

Bogor, 19 Dzulqa’dah 1437/22 Agustus, 2016 (MINA) – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Badan Amil Zakat Nasional () akan meluncurkan program pada akhir Agustus tahun 2016 ini.

“Kita sudah persiapkan Insya Allah ahad depan kita luncurkan,” ujar , Direktur Baznas kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) saat ditemui di kawasan Cisarua, Bogor, Senin (22/8).

Ia mengatakan, program tersebut nantinya berupa aplikasi berbasis android yang dapat diunduh gratis di Play Store oleh masyarakat yang ingin berkurban dengan cara mengirim sejumlah uang seharga kambing sebesar Rp2.500.000 dan itu sudah termasuk biaya pemotongan sebagainya. Kemudian kambing yang dipesan akan dikurbankan di desa-desa miskin di provinsi seluruh Indonesia.

Melalui aplikasi itu juga bisa terpantau, bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam Kurban Digital tersebut, serta bisa mendapat report misalnya apakah kambing sudah di kurbankan atau belum, masyarakat juga bisa bertanya melalui aplikasi itu.

“Kurban ini kita sasar ke desa-desa miskin diseluruh Indonesia. Jadi kita beli kambing di peternak, dan kita potong di desa itu juga sehingga masyarakat dapat pemberdayaan dan kambingnya,” kata Arifin.

Baznas menjamin kambing yang nantinya akan dibeli untuk kurban itu sesuai dengan syariah. Bahkan menurutnya, Baznas memiliki semacam kualifikasi untuk memilih kambing dengan cara akan diterjunkan petugas dibeberapa daerah yang rawan untuk mengawasi dan mengontrol jalannya kurban.

Arifin mengatakan, Baznas ingin memberdayakan para peternak agar sejahtera. Sebab menurutnya, selama ini para penjual membeli kambing ke peternak dengan harga murah, selain itu, banyak peternak kambing yang tidak merasakan daging kambing itu sendiri.

“Kurban ini mudah-mudahan bisa memberdayakan peternak. Kita ingin dunia peternakan lebih maju, kalau kurban hanya potong saja sudah biasa, Baznas ingin memerdayakan peternak, semoga bisa dicontoh dengan yang lain,” tutupnya. (L/M09/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.