BAZNAS Bantu Pengungsi Siaga Erupsi Merapi

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () membantu masyarakat yang mengungsi akibat peningkatan aktivitas Gunung Merapi.

Status Siaga Gunung Merapi saat ini membuat Tim BAZNAS Tanggap Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Magelang, Jawa Tengah bersiaga melakukan evakuasi warga.

Kepala BAZNAS Tanggap Bencana, Dian Aditya Mandana Putri mengatakan, tim telah berada di lokasi sejak Senin (9/11) untuk memberikan layanan antara lain berupa dapur air dan bilik pengungsi di sejumlah titik pengungsian di Sleman dan Magelang.

“Lokasi layanan untuk masyarakat yang didirikan BAZNAS adalah di pengungsian Desa Glagah Harjo, Dusun Kalitengah Lor, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, dan di pengungsian SDN Ngrajek Kecamatan Mungkid,” katanya.

Ia menambahkan, dapur air menjadi layanan masyarakat yang membutuhkan air bersih dan makanan.

Sementara itu, bilik pengungsian yang disediakan BAZNAS berupa pembatas antar pengungsi yang ditujukan untuk menjaga aurat pengungsi sekaligus memfasilitasi masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

Saat ini para pengungsi masih membutuhkan makanan, alat kebersihan diri, perlengkapan bayi, perlengkapan wanita dan pakaian bersih.

“BAZNAS tengah melakukan pendataan juga masuk ke titik-titik pengungsian lain yang belum terakses. Bantuan lanjutan saat ini tengah dipersiapkan,” kata Dian. (L/R2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.