BAZNAS Buka Pendaftaran Beasiswa Riset Kategori Manajemen Zakat Wakaf

BAZNAS Buka Pendaftaran Beasiswa Riset Kategori Manajemen Zakat Wakaf (foto: BAZNAS RI)

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI membuka pendaftaran Beasiswa Riset BAZNAS 2022 Manajemen Zakat Wakaf (Mazawa) mulai 5 September hingga 26 September 2022.

Program Beasiswa Riset Prodi Mazawa (S1) merupakan beasiswa riset yang diberikan bagi mahasiswa aktif S1 di perguruan tinggi dengan program studi Manajemen Zakat dan Wakaf yang sedang menyusun skripsi untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar S1. Kategori ini terbuka untuk WNI dan mahasiswa yang terdaftar di kampus mitra BAZNAS dan prodi Mazawa.

Ketua , Prof Dr KH Noor Achmad MA, menyebutkan Beasiswa Riset BAZNAS Kategori Mazawa diluncurkan demi mendukung penguatan literasi zakat dan wakaf di tengah masyarakat, salah satunya melalui mahasiswa prodi Manajemen Zakat Wakaf.

“Demi mendorong terciptanya pengelolaaan zakat dan wakaf yang memiliki keunggulan dan daya saing tinggi, dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni, salah satunya lewat adik-adik mahasiswa yang berkuliah di Fakultas Manajemen Zakat Wakaf. Maka, BAZNAS RI terus mendorong terciptanya SDM yang unggul di dunia pendidikan, salah satunya melalui program beasiswa yang rutin digelar,” kata Noor Achmad, dalam peluncuran Beasiswa Riset BAZNAS Kategori Mazawa, yang disiarkan langsung di BAZNAS TV, Jumat (2/9).

Baca Juga:  Abaikan Blinken, Hamas Pelajari Proposal Gencatan Senjata Israel

Noor menjelaskan, dalam Beasiswa Riset Prodi Mazawa, BAZNAS tidak hanya memberikan beasiswa dalam bentuk dana saja, namun juga pembinaan berupa pengalaman bermakna bertemu amil di lapangan dengan berbagai masalah yang terjadi. Hal ini ditujukan agar terbentuknya pribadi yang unggul dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, BAZNAS juga akan memberi fasilitas tambahan berupa pengembangan diri berupa pelatihan kepenulisan menuju jurnal dan media massa, pemaparan kepada publik terhadap hasil riset yang telah diteliti, dan tergabung menjadi bagian dari ikatan alumni yang tentunya memiliki manfaat lebih.

“Pengalaman adalah guru yang berharga. Melalui praktek di lapangan, BAZNAS berkeinginan untuk menciptakan lulusan Mazawa yang kompeten dan siap terjun dalam dunia zakat dan wakaf,” ujar Noor.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Menghayati Makna Ibadah  

Sementara itu Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, memaparkan secara detail fasilitas bantuan yang akan diterima penerima bantuan riset BAZNAS Kategori prodi Mazawa S-1.

“Setiap penerima manfaat akan mendapatkan Rp4 000.000 yang akan digunakan untuk membantu proses riset hingga tuntas. Beasiswa ini akan diberikan kepada para mahasiswa yang sedang melaksanakan skripsi dengan IPK minimal 3.00,” ucap Saidah.

Untuk Beasiswa Riset Kategori Mazawa 2022, BAZNAS telah menjalin kerja sama dengan 11 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh penjuru .

“Alhamdulillah, terdapat 11 mitra perguruan tinggi yang bekerja sama dengan BAZNAS dalam Beasiswa Riset Kategori Mazawa, yang kerja samanya telah terjalin sejak tahun lalu. Namun, tak menutup kemungkinan angka ini masih akan bertambah karena kami masih terus berupaya menambah daftar kerja sama kampus mitra, yang memiliki prodi Manajemen Zakat Wakaf. Ini sangat baik untuk mengembangkan budaya riset/ijtihad di bidang Ekonomi Islam dalam pengelolaan zakat dan wakaf,” kata Saidah.

Baca Juga:  IRI Terus Gencarkan Gerakan Selamatkan Hutan Tropis Indonesia

“Semoga apa yang diupayakan bersama ini dapat memberi manfaat positif terhadap perkembangan zakat dan wakaf di Indonesia, yang nantinya akan berimbas pada terciptanya kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Untuk melakukan pendaftaran, dapat diunduh dan melengkapi formulir pendaftaran sesuai format berkas persyaratan di: https://bit.ly/syaratrisetbaznas2022.

Kemudian peserta dapat mendaftarkan diri dan mengunggah berkas pendaftaran di: https://bit.ly/risetbaznas2022. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.