Bimas Islam Bagikan Al-Quran Gratis di Stand STQ 2017

Stand Bimas Islam di Seleksi Tilawatil Qur’an () Tingkat Nasional XXIV di Tarakan, Kalimantan Utara. Foto: Royhanul Iman/MINA

Tarakan, Kalimantan Utara, MINA – Direkrorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama () membuka stand di Pameran Peradaban dan Kebudayaan Islam dalam acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional XXIV di Tarakan, Kalimantan Utara.

Ketua Pelaksana Lapangan Stand Bimas Islam Imam Adi Marianto mengatakan masyarakat bisa mendapatkan Al-Quran secara gratis jika mengunjungi stand Bimas Islam di area Pameran Peradaban dan Kebudayaan Islam, Masjid Baitul Izzah Islamic Center Tarakan, Kalimantan Utara.

“Di stand sendiri terdapat Al-Quran, Stiker, buku-buku tentang halal dan Islam, stiker, juga kaos yang dibagikan secara gratis. Sejak pertama stand dibuka sudah ada lebih dari 2.000 pengunjung dari masyarakat sekitar dan pelajar yang datang,” kata Imam kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di lokasi, Kamis (20/7/2017).

Baca Juga:  Indonesia Jadi Runner-up Piala Uber 2024

Selain memberikan Al-Quran secara gratis, dibukanya stand Bimas Islam juga untuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa warga tidak hanya memiliki Kementerian Agama saja tetapi di bawahnya juga ada Bimas Islam yang mengurusi berbagai macam bidang, seperti zakat dan wakaf, penyuluhan agama Islam, seni budaya Islam, produk halal, dan sebagainya.

“Adanya stand ini jadi memperkalkan Direktorat Jenderal Bimas Islam yang dibawahnya juga menaungi pemberdayaan KUA, urusan agama Islam dan pembinaan Syariah, zakat dan wakaf, penerangan agama Islam, dan lainnya. Selama ini yang kita tau cuma Kemenag padahal ada banyak di bawahnya, misalnya Bimas Islam yang berhubungan langsung dengan layanan publik,” katanya.

Terkait pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional XXIV di Tarakan, Kalimantan Utara, menurut Imam yang juga warga asli setempat mengatakan bahwa acara ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar dan mengenalkan Islam lebih baik.

Baca Juga:  Ini Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Jamaah Haji 2024

Penyelenggaraan STQ dipusatkan di Masjid Baitul Izzah Islamic Center Tarakan. Venue lainnya ada di Masjid Daarussa’adah, Masjid At-Taqwa, Masjid Al-Ma’arif, dan Lapangan Tenis Tertutup yang semuanya ada di Kota Tarakan.  XXIV ini diikuti 460 orang peserta dari 34 Provinsi dan diselenggarakan mulai dari 16 – 22 Juli 2017. (L/R08/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.