AS BLACKLIST BANK TERBESAR RUSIA

Sberbank adalah bank terbesar di Rusia (Gambar: AA)
Sberbank adalah bank terbesar di Rusia (Gambar: AA)

Washington, 18 Dzulqa’dah 1435/13 September 2014 (MINA) – Pemerintahan Obama memberi sanksi bank terbesar Rusia, Jumat (12/8), di mana (AS) berusaha memperluas sanksi terhadap sektor keuangan, energi dan pertahanan Rusia.

“Langkah-langkah ini menggarisbawahi tekad lanjutan dari masyarakat internasional terhadap agresi Rusia,” kata Menteri Keuangan AS Jack Lew dalam sebuah pernyataan, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Tindakan Washington tersebut bekerjasama dengan Uni Eropa yang menetapkan sendiri sanksi terhadap Moskow, Jumat pekan lalu. AS dan Uni Eropa menyalahkan Rusia karena menimbulkan kekacauan di Ukraina Timur.

“Sangat penting bagi Rusia bekerja sama dengan Ukraina dan mitra internasional lainnya untuk menemukan penyelesaian yang langgeng bagi konflik. Jika Rusia melakukannya, sanksi baru ini bisa ditunda,” kata Lew.

Sebagai bagian dari penetapan Jumat, Washington memasukkan Sberbank Rusia, bank terbesar di Rusia, dalam daftar blacklist.

Menurut Departemen Keuangan AS, Sberbank menguasai sekitar seperempat aset perbankan Rusia, dan sepertiga dari modal perbankan.

Sberbank bersama lima bank lainnya yang sebelumnya dikenakan sanksi, diberi pembatasan keuangan dengan mengurangi jangka waktu hutang baru dari 90 hari menjadi 30 hari.

Sanksi lainnya adalah larangan ekspor barang, jasa atau teknologi untuk lima perusahaan “dalam mendukung eksplorasi atau produksi bagi perairan Rusia, lepas pantai Kutub Utara, atau proyek-proyek yang memiliki potensi untuk menghasilkan minyak”. Kelima perusahaan itu adalah Gazprom, Gazprom Neft, Lukoil, Surgutneftegas, dan Rosneft.

Departemen Keuangan AS juga membuka pintu bagi sanksi yang ditujukan terhadap individu dalam sektor pertahanan dan terkait Rusia, menunjuk dan memblokir aset lima perusahaan teknologi pertahanan milik Rusia, yaitu OAO Dolgoprudny Research Production Enterprise, Mytishchinski Mashinostroitelny Zavod OAO, Kalinin Machine Plant JSC, Almaz-Antey GSKB, dan JSC NIIP. (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0